Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Kamera Baru Diperkenalkan Canon

Kompas.com - 15/10/2008, 12:31 WIB

JAKARTA, RABU – Berita bagus bagi penggemar kamera digital merek Canon. November mendatang akan tersedia 9 kamera baru: dua seri ixus dan tujuh seri PowerShot.

Untuk ixus, anggota barunya adalah 980IS (14,7 megapixel) dan 870IS (10 megapixel), masing-masing menggantikan 960IS dan 860IS. Sedangkan pada seri PowerShot, tambahannya adalah G10 (14,7 megapixel), SX1 IS, SX110 IS, SX10 IS, A2000 IS, A1000 IS, dan E1.

Fitur baru pada seri G10, SX1 IS, SX10 ISM, 980IS dan 870IS, begitu tutur Adi Sucahyo (Assistant Marketing Manager, PT Datascrip), antara lain adalah digunakannya prosesor image DIGIC 4. “Baik untuk motret orang, bisa mereduksi noise dan bisa juga untuk movie,” katanya.

Yang juga baru adalah Motion Detection, yang menurut Adi selain mendeteksi objek yang bergerak juga mendeteksi kecepatan gerak objek tersebut, lalu melakukan penyesuaian. “Semakin cepat objek bergerak, semakin tinggi ISO-nya,” kata Adi.

Fitur menarik lain adalah Face Detection Self Timer. Pasti tahu dong bagaimana kita harus berlari-lari setelah mengeset Self Timer agar kita pun bisa tercakup dalam jepretan yang diatur aktif setelah sekian detik itu? Nah, dengan adanya fitur yang bisa menghitung jumlah wajah ini, kata Adi, kita tidak perlu berlari-lari. Sebab kamera otomatis melakukan fokus ulang begitu ada wajah baru yang dideteksinya, menyesuaikan exposure, kemudian barulah kamera memulai hitungan mundur waktu bidikan. “(Pemotret) Tidak perlu lari-lari,” tegas Adi.

Teknologi Face Detection ini sudah ditambahi fitur lain, yakni Face Detect WB yang mengevaluasi wajah manusia dan menyesuaikan white balance agar warna kulit tampak alamiah, Intelligent Contrast Correction untuk mempercerah subjek yang overexposed akibat backlighting, dan Servo AF untuk menjaga wajah yang dibidik tetap fokus kendati sedang bergerak.

Pada G10 yang akan dijual US$ 575 dan dipersenjatai lensa wide angle 28mm disertakan pula software Digital Photo Professional yang tadinya hanya ada di jajaran Canon EOS. Seperti Photoshop, software ini digunakan untuk meng-edit foto RAW.

Sementara itu SX1 IS yang beresolusi 10 megapixel dan dihargai US$ 650 menawarkan kemampuan merekam movie Full HD 1920x1080, konektor HDMI, dan zoom optikal 20x. SX1 IS merupakan satu-satunya kamera kompak Canon yang menggunakan sensor CMOS (lainnya pakai CCD).

Fitur SX10 IS mirip SX1 IS (10 megapixel, zoom optik 20x), tetapi dengan layar LCD sedikit lebih kecil (2,5” pada SX10 IS vs. 2,8” pada SX1 IS) dan harga lebih murah (US$ 510).

Sedangkan SX110 IS menyodorkan resolusi 9 megapixel dengan zoom optik 10x, fitur Face Detect AF dan Face Select & Track, dan dukungan prosesor DIGIC III. Yang baru pada kamera seharga US$ 338 ini adalah Easy Mode untuk shooting dan playback yang akan mengunci kamera agar hasil bidikan tidak terhapus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com