Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moorestown dan Nehalem, Terobosan Baru Prosesor Intel

Kompas.com - 22/10/2008, 11:44 WIB

TAIPEI, RABU - Intel akan segera meluncurkan prosessor Moorestown dan Nehalem untuk memenuhi kebutuhan platform yang umum namun fleksibel dimana industri dapat berinovasi dalam penggunaannya. 

Intel eksekutif Anand Chandrasekher melalui siaran pers yang diterima kompas.com, Rabu(22/10), menjelaskan, Moorestown terdiri dari SOC, dengan kode nama Lincroft , yang mengintregasikan prosessor 45nm, grafik, pengatur memori dan video encode/decode ke dalam satu chip dan sebuah I/O hub dengan kode nama Langwell.

Moorestown juga mendukung beberapa I/O port yang terhubung dengan nirkabel, penyimpanan dan komponen display sebagai tambahan untuk melengkapi beberapa fungsi board level. Pengembangan Intel berbasis platform Moorestown dalam segmen Mobile Internet Device (MID) juga merupakan pertama di dunia. Platform Morestown akan mendukung berbagai teknologi nirkabel termasuk 3G, WiMaX, Wifi, GPS, Bluetooth dan mobile TV, papar Anand.

Sementara itu, General Manager Server Platforms Group Intel Kirk Skaugen, mengatakan, generasi selanjutnya Desktop High End yang akan diluncurkan bulan depan ditenagai oleh Intel®Core i7. Teknologi yang berbasis 2009 Intel®vPro bussines clients dengan kode nama Piketown untuk destop dan Capella untuk notebook akan ditenagai oleh prosessor Nehallem serta menyediakan lebih banyak inovasi untuk perusahaan.

Berbagai turunan dari desain untuk memperluas segmen pasar server (Nehelem-EX) juga desktop lainnya dan versi mobile (Havendale, Lynnfield, Auburndale, Clarksfield) akan mulai diproduksi pada pertengahan kedua tahun 2009, Jelas Kirk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com