Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows Azure Awali Langkah Midori

Kompas.com - 28/10/2008, 08:45 WIB

JAKARTA, SELASA – Windows Azure, begitu ungkap raksasa software Microsoft, merupakan gebrakan komersial utama pertamanya untuk menghasilkan platform software berbasis cloud yang mampu meng-host dan menjalankan aplikasi dan program. Menurut Microsoft, Azure akan menyediakan komputasi dan storage on-demand untuk meng-host, menskalakan dan mengelola aplikasi Internet atau aplikasi cloud bagi para developer.

Melalui integrasinya dengan Visual Studio, Windows Azure mendukung pengalaman pengembangan yang konsisten. Pada tahap awal CTP, aplikasi-aplikasi NET managed yang dibangun dengan Visual Studio juga akan didukung. Windows Azure adalah platform terbuka yang akan mendukung bahasa dan lingkungan Microsoft maupun non-Microsoft. Tool dan bahasa ketiga seperti Eclipse, Ruby, PHP dan Phyton pun akan diterima Windows Azure.

Di masa depan - SharePoint Services dan Dynamics CRM Services akan menjadi bagian dari Azure dan mewakili masa depan yang mengasyikkan di mana aplikasi bisa di-deploy ke seluruh dunia dan disimpan dan dijalankan dari jarak jauh hanya dengan satu sentuhan tombol.

Tentu saja Azure membuka jalan bagi Midori (atau apa pun kelak namanya), mungkin di tahun 2010 atau setelahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com