Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jakarta Declaration" Tegaskan Kerja Sama Open Source di Asia Afrika

Kompas.com - 19/11/2008, 20:45 WIB

JAKARTA, RABU - Setelah berdiskusi dan melewati banyak presentasi mengenai open source (OS) yang dibawakan para ahli dari luar negeri maupun dalam negeri selama dua hari, para peserta acara Asia-Africa Conference on Open Source (AAOS) telah menghasilkan Jakarta Declaration.

Melalui deklarasi yang dibacakan dengan lantang oleh Duta Besar OS Betti Alisjahbana, yang juga ketua the Indonesian Association for Open Source, para peserta menyatakan berkomitmen menyebarluaskan software OS gratis, serta mengembangkan program e-government yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat.

Para peserta yang datang dari berbagai negara, termasuk Vietnam, Malaysia, Iran, Palestina, Jerman, hingga Afrika Selatan ini menyadari bahwa software OS gratis merupakan alternatif untuk mengurangi kesenjangan digital, dan alat berharga yang memungkinkan kerja sama antarnegara berkembang, serta mendorong perkembangan industri software lokal.

Mereka juga sepakat untuk mendorong negara-negara di Asia dan Afrika agar dapat bertukar pengalaman, pengetahuan, serta teknologi di bidang teknologi komunikasi dan informasi melalui model kerja sama yang inovatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com