Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Blogger Dunia Kunjungi Yogyakarta

Kompas.com - 19/11/2008, 21:43 WIB

BANTUL, RABU - Lima blogger terkemuka dari berbagai negara yang sengaja diundang untuk menulis pengalamannya di Indonesia, Rabu (19/11), berkunjung ke Yogyakarta. Mereka adalah Jeff Ooi (Malaysia), Mark Tafoya (Amerika Serikat), Lee Kin Mun (Singapura), Mike Aquilo (Philipina), dan Anthony Bianco (Australia).

Mereka berlima diundang khusus atas peran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, sebelum menghadiri Pesta Blogger 2008 di Jakarta Sabtu (22/11). Kesempatan langka yang hanya berdurasi 1,5 jam ini tentu saja dimanfaatkan para mahasiswa untuk tahu lebih banyak tentang blogger dan blog.

Masing-masing dikenal di dunia maya melalui tulisannya yang khas di blognya. Jeff misalnya, menulis di www.jeffooi.com, Mark di www.culinarymedianetwork.com, Lee yang punya nick name Mr Brown di www.mrbrown.com, Mike di www.goseasia.about.com, dan Anthony di www.geckogo.com.

Menurut mereka, membuat blog hanya sebatas iseng, bukan amunisi yang cukup. Perlu ditopang wawasan, rasa penasaran, keingintahuan, dan daya analisis memadai. Jeff yang banyak menulis isu sosial-politik di blognya, kini menjadi anggota legislatif negeri jiran.

Sedangkan aktivitas Lee kini, antara lain sebagai tokoh di belakang layar Mr Brown Show, acara berbalut komedi ringan di televisi. Mark makin dikenal tak hanya pekerjaannya sebagai koki. Sementara Mike dan Anthony punya banyak relasi semakin memungkinkan mereka berkeliling dunia dan hasilnya dituangkan ke blog.

"Menyenangkan. Namun perlu kerja keras untuk mencapai semua itu," ujar Jeff saat berkunjung ke American Corner Universitas Muhammadiyah. Ia mengatakan, mencantumkan tulisan di blog tak hanya sebatas memaparkan ekspresi namun juga menunjukkan siapa diri dan kualitas blogger.

Ke mana pun blogger pergi, selalu saja banyak bahan tersaji untuk ditulis dan didokumentasikan. Yogyakarta misalnya adalah daerah yang punya banyak potensi untuk ditulis ke artikel.

"Saya menulis, namun juga tetap butuh informasi dari teman-teman sebagai masukan untuk memperkaya artikel," ucap Mike.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com