Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPod nano, Tinggal Digoyang

Kompas.com - 27/11/2008, 08:28 WIB

Evolusi kembali dilakukan oleh Apple terhadap produknya. Kali ini iPod nano generasi keempat, yang dirilis awal September 2008, menyapa dunia dengan bentuk fisik yang kian langsing. Dengan tinggi 9cm, lebar 4cm, tebal 0,6cm, dan berat hanya sekitar 37 gram, iPod nano generasi keempat merupakan iPod nano paling tipis yang pernah ada.

Tetapi ukuran layar dan scroll wheel control tetap, yaitu layar LED 2” (320x240 pixel LED) dan ukuran scroll 1”.Desainnya juga tambah menawan, dengan lekukan alumunium dan lapisan luar glossy. IPod nano ini juga tersedia dalam sembilan warna yang ceria: perak, ungu, biru, hijau, jingga, kuning, merah muda, merah, dan hitam.

Selain perubahan fisik, Apple menanamkan beragam fitur baru. Salah satunya adalah Genius yang akan membantu Anda membuat playlist lagu berdasarkan karakteristik musik yang sama dari sebuah lagu.

Untuk membuat sebuah Genius playlist, cari lagu yang Anda suka, lalu tekan tombol tengah dari iPod nano sampai muncul opsi menu dari Start Genius. Anda dapat menyimpan Genius playlist langsung ke dalam iPod nano, kemudian mensinkronisasinya ke komputer melalui iTunes. Tetapi Anda harus terlebih dulu mengaktifkan fitur Genius di iTunes komputer Anda.

Fitur baru lainnya adalah Shake to Shuffle. iPod nano terbaru telah menggunakan accelerometer, sehingga Anda cukup mengguncang (shake) iPod nano Anda untuk mengganti lagu yang sedang diputar. Fitur lainnya adalah Cover Flow, yang akan otomatis berubah jika Anda mengubah orientasi layar iPod nano sesuai posisi; tegak (portrait) maupun menyamping (landscape).

Sayangnya untuk menggunakan fasilitas perekaman suara, Anda harus membeli perangkat tambahan berupa earphone yang telah terintegrasi dengan microphone. Anda pun harus terlebih dahulu meng-install iTunes 8 untuk dapat mensinkronisasi iPod nano Anda dengan komputer. Juga tidak ada fasilitas radio; sesuatu yang ditawarkan Microsoft Zune generasi terbaru.

***

Dengan menyediakan dana sekitar Rp. 1,83 juta, Anda bisa mendapatkan iPod nano generasi keempat dengan kapasitas 8GB. Untuk kapasitas 16GB, Anda harus menyediakan dana sekitar Rp 2,4 juta.

Menurut Apple, iPod nano 8 GB dapat menyimpan 2000 lagu, 7000 foto, dan delapan jam video. Sedangkan iPod nano 16 GB dapat menyimpan 4000 lagu, 14000 foto, dan 16 jam video. Apple juga mengklaim iPod nano generasi keempat ini mampu memainkan musik sampai 24 jam dan video sampai empat jam.

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Desain atraktif; shake-to-shuffle; Cover Flow

MINUS: Tanpa radio FM; perlu tambahan perangkat untuk voice recorder.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja: 4,5
Fasilitas: 4
Penggunaan: 4,5
Harga: 3,5
SKOR TOTAL: 4,15


SPESIFIKASI iPod nano
Tipe koneksi: USB 2.0
Kapasitas: 8 dan 16GB
Tipe memori simpan: Flash
Slot ekspansi memori: Tidak ada
Layar: 2” TFT LCD
Power supply: Rechargeable Li-Ion (internal)
Music Format: AAC, MP3, WAV, AA
Video Format: H.264, mov
Text Format: TXT
Kelengkapan:
• Earphones
• Kabel USB
• Dock Adapter
• Quick Start Guide
Ukuran (plt): 9x4x0,6 cm
Bobot: 37 gram
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.apple.com
Harga kisaran*: Rp. 1,83 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com