Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operator Dilarang Berikan SMS Gratis

Kompas.com - 31/12/2008, 16:59 WIB

JAKARTA, RABU - Maraknya promosi SMS gratis antarjaringan (offnet) dinilai menyebabkan persaingan yang tidak sehat antaroperator telekomunikasi. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya penumpukan pelanggan dan trafik pada jaringan yang hanya dikuasai operator besar dengan jangkauan yang luas.

"Depkominfo sudah mengirimkan surat larangan soal SMS gratis ini. Saat ini sedang menunggu respon dengan para operator," kata Dirjen Pos dan Telekomnunikasi Depkominfo Basuki Yusuf Iskandar usai Pemaparan Kinerja Depkominfo 2008, di Gedung Depkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (31/12). Basuki mengungkapkan, pengiriman SMS gratis hanya diizinkan di jaringan operator tersebut (onnet).

Menurut Basuki pengiriman SMS di jaringan onnet tidak akan merugikan operator lain. Lagipula ini dapat dianggap sebagai nilai tambah yang diberikan kepada pelanggannya.

Sedangkan pemberlakukan SMS gratis antarjaringan menyebabkan provider besar akan menarik pelanggan untuk beralih. Bagi perusahaan, hal ini tidak masalah karena akan semakin banyak yang menggunakan layanan dan terus menggunakan pulsa agar memenuhi syarat untuk bisa mendapat SMS gratis.

"Atas hal ini mulai awal tahun depan diharapkan para provider sudah memberikan respon atas surat yang kita kirimkan," ujar Basuki. Pemberlakuan ini akan berlaku untuk semua operator tanpa kecuali.

Meskipun demikian, Basuki tidak menampik kemungkinan ada program pengiriman gratis antarjaringan. Namun, hal tersebut harus diatur bersama melalui kesepakatan di antara operator-operator telekomunikasi sebagai wujud persaingan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com