Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambil Frame File Video dengan ACDSee

Kompas.com - 07/01/2009, 08:16 WIB

Adakalanya kita ingin mengabadikan adegan keren yang ada dalam film menjadi file gambar. Untuk itu adegan harus diambil dan disimpan dalam format image yang umum digunakan, yaitu .jpg atau .bmp. Untuk ini kita bisa menggunakan bantuan New Media Window yang ter-install sepaket dengan ACDSee.

Langkah-langkahnya:
1. Jalankan ACDSee.
2. Klik kanan tray icon ACDSee.
3. Pilih New Media Window.
4. Pilih file video melalui menu [File] > [Open].
5. Pilih adegan yang akan diekstrak.
6. Untuk meng-copy frame ke dalam clipboard, klik menu [Frame] > [Copy to Clipboard]. Untuk menyimpan langsung ke file, klik menu [Frame] > [Extract]. Setiap adegan dari awal sampai selesai bisa diambil melalui menu [Frame] > [Extract All]. Untuk mengambil bagian tertentu saja, klik kanan pada slide bar untuk starting point, dan drag sampai pada posisi yang diinginkan. Area yang dipilih akan berwarna biru. Klik menu [Frame] > [Extract Selection].

Perlu diingat, pilihan [Extract All] dan [Extract Selection] biasanya akan membentuk file bmp yang cukup banyak, tergantung lamanya adegan. Untuk itu harus disediakan ruang harddisk yang memadai.

Sumber: PCplus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com