Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur HDR untuk Kamera Digital Ricoh

Kompas.com - 23/02/2009, 10:59 WIB

JAKARTA, SENIN — Tahu high dynamic range (HDR)? Inilah yang dipakai pada game untuk membuat grafis-grafis yang menawan. Membuat foto menakjubkan dari image digital pun dimungkinkan melaluinya. Cuma biasanya para fotografer mengambil beberapa bidikan pada exposure yang berbeda, lalu menggunakan sebuah program untuk memadukan semuanya dengan menggunakan HDR. Walaupun sudah digunakan para fotografer selama bertahun-tahun, fitur ini belum juga tersedia di kamera.

Karena itu, gebrakan Ricoh melalui CX1-nya menyenangkan. Ya, kamera digital ini dilengkapi dengan moda bidik dynamic range double shot. Dua bidikan akan diambil secara berurutan dengan exposure yang berbeda, lalu kamera otomatis akan menggabungkannya demi menyuguhkan image terbaik dari keduanya. Moda dynamic range double shot ini memperluas kisaran dinamis kamera sampai maksimal ekivalen dengan 12EV.


Spesifikasi lain dari Ricoh CX1 mencakup sensor CMOS 9 megapixel dengan lensa zoom wide angle optical 7,1x (ekivalen 28-200 mm) dan LCD VGA 3 inci 920.000-dot. Kamera disebutkan bisa merekam 120 frames per second pada resolusi VGA. Dipadukan dengan sistem pemrosesan baru Smooth Imaging Engine IV dan sensor CMOS kecepatan tinggi yang juga baru, CX1 dijanjikan memberikan kualitas gambar yang lebih baik dengan kisaran dinamis yang lebih luas.

Fitur inovatif lainnya adalah multipattern auto white balance dan multitarget AF. Multi-pattern auto white balance mengatur white balance kamera berdasarkan sumber cahaya dari area-area terpisah dari image. Sedangkan multitarget AF dapat membidik 7 image urut pada jarak fokal yang sudah ditentukan sebelumnya. Setelah membidik, Anda dapat memilih image dengan fokus yang diinginkan. Image-image bidikan berurut berikutnya akan direkam sebagai satu file.


Di Inggris, kamera ini diperkirakan meluncur pertengahan Maret mendatang dengan harga kisaran 430 dollar AS. Belum tahu apakah juga akan dipasarkan di Indonesia, mengingat merek Ricoh kurang bergaung.

sumber: hothardware

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com