Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Blackberry-Facebook Makin Terintegrasi

Kompas.com - 22/04/2009, 17:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kini daftar kontak Blackberry dan teman-teman di Facebook Anda akan segera berintegrasi. Foto profil teman Facebook Anda pun bisa sesuka hati Anda jadikan sebagai foto kontak di BlackBerry Anda sendiri. Hal tersebut diumumkan dalam bentuk siaran pers kepada CNET kemarin (Selasa, 21/4) oleh Research In Motion (RIM).

RIM merilis versi terakhir aplikasi 'Facebook untuk Blackberry', yaitu versi 1.5. Selain mengintegrasikan kontak informasi di Blackberry Anda dengan kontak foto di halaman Facebook yang Anda miliki, pabrikan Blackberry tersebut juga menyiapkan aplikasi lainnya untuk memudahkan Anda ber-Facebook ria. 

Aplikasi kontak

Mengunduh versi 1.5 ini, Anda akan mudah membuat update atas semua kontak informasi. Sebutlah misalnya, meng-update foto yang sudah lebih dulu hadir di dalam daftar kontak Blackberry Anda dengan kontak foto di kotak Profil Teman di halaman Facebook Anda.

Penggabungan itu juga dapat Anda kerjakan secara manual di halaman Facebook Anda. Caranya, klik nama teman Anda. Di layar halaman ini, Anda bisa memesan nomor kontak teman-teman Anda dan sekaligus memintanya menampilkan kontak informasi Blackberry mereka masing-masing.

Maka kini, daftar kontak di Blackberry dan teman-teman di Facebook Anda akan segera berintegrasi. Foto profil teman di Facebook pun bisa semau Anda untuk dijadikan pula foto kontak di BlackBerry milik Anda sendiri.

Aplikasi pesan

RIM juga telah mengintegrasikan kotak pesan dan status update Facebook Anda ke dalam BlackBerry. Dengan aplikasi ini, perbincangan-perbincangan Anda pun kini akan diperlihatkan sebagai bentuk obrolan instant messaging (IM), dan sebaliknya juga sebagai sebuah pesan di kotak pesan Blackberry Anda. Cobalah kirim pesan langsung, beberapa menit berselang pasti pesan itu akan muncul di kotak pesan Blackberry Anda.

Aplikasi kalender

RIM seolah tak ingin membuat Anda lepas dari 'Blackberry-Facebook' di setiap waktu yang Anda lalui. Bahkan, tanpa perlu mengakses Facebook, kealpaan Anda mengingat hari ulang tahun seorang teman di Facebook pun sudah dijaga oleh keduanya. Ya, karena kalender Facebook pun kini hadir pula di Blackberry milik Anda.

Dus, selama Anda memang bergiat di Facebook, versi 1.5 akan secara otomatis membuat plot kalender ulang tahun dan acara-acara yang tertera di kalender Facebook Anda. Semua data update, seperti halnya Anda tengah melihatnya di halaman Facebook Anda.

Dalam siaran persnya kepada CNET (21/4), RIM mengatakan bahwa update terakhir versi ini tengah diperbanyak dan diperbaharui di Perancis, Italia, Jerman, Portugis, Belanda, Polandia, Rusia, China, Jepang, serta Korea. Sementara untuk Anda yang ingin mencoba, silahkan mengunduhnya di mobile.blackberry.com via mobile browser atau dari www.blackberry.com/go/facebook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com