Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Server Baru Diluncurkan, Platform BlackBerry Makin Kompetitif

Kompas.com - 06/05/2009, 20:52 WIB

Laporan Wartawan Kompas, Amir Sodikin dari Florida

FLORIDA, KOMPAS.com - Research In Motion (RIM), Selasa (5/5) waktu setempat, resmi membuka Wireless Enterprise Symphosium (WES) 2009 ke-8 yang digelar di Orlando, Florida, Amerika Serikat. RIM merupakan perusahaan yang selama ini dikenal dengan produk BlackBerry. Pembukaan simposium ini sekaligus mengumumkan peluncuran platform terbaru BlackBerry Enterprise Server 5.0 atau BES 5.0.

Simposium yang akan berlangsung Jumat (8/5) dibuka langsung oleh pendiri BlackBerry yang kini statusnya President and Co-CEO RIM, Mike Lazaridis, dengan general session yang dihadiri sekitar 1.000 peserta. Para peserta datang dari sekitar 90 negara, yang terdiri dari penyelenggara operator telepon seluler, pengembang software berplatform BlackBerry, praktisi teknologi informasi, dan para jurnalis.

Mike Lazaridis mengatakan, BES 5.0 ini merupakan lompatan teknologi BlackBerry yang mengesankan dan dirancang secara hati-hati. "Mulai hari ini BES 5.0 sudah tersedia. Bagi yang sudah memiliki BES versi sebelumnya, dengan mudah bisa upgrade ke versi baru," kata Mike.

BES 5.0 diluncurkan untuk kalangan perusahaan baik perusahaan skala besar maupun skala menengah. BES 5.0 merupakan platform server yang digunakan sistem BlackBerry untuk memfasilitasi berbagai keperluan email, instant messaging, social networking, transfer data, telepon, bahkan untuk transaksi pemayaran menggunakan kartu kredit.

Mike mengatakan, server baru ini semakin memantapkan posisi BlackBerry yang unik, yaitu mampu menggabungkan fungsi komputer desktop dengan fungsi telepon seluler. "Berbagai kebutuhan untuk terkoneksi dengan aktivitas kantor sekarang sudah ada di genggaman tangan," kata Mike.

Simposium ini juga menghadirkn puluhan pengembang software berbasis BlackBerry yang menawarkan berbagai program untuk memaksimalkan fungsi desktop di perangkat BlackBerry.

Di Amerika Serikat, para programmer semakin melirik platform BlackBerry sebagai masa depan yang akan bersaing secara ketat dengan platform smartphone lain seperti Android punya Google dan Symbian yang lebih dulu populer.

Walau demikian, menurut Mike, Android dan Symbian bukanlah pesaing langsung karena mereka berbeda segmen. Dalam kesempatan ini, Google sendiri juga membuka booth yang menawarkan program berbasis BlackBerry untuk menjalankan aplikasi Google Apps.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com