Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo! Messenger Mini di Ponsel Java

Kompas.com - 08/05/2009, 10:59 WIB

Instal program macam-macam tidak hanya milik ponsel bersistem operasi Symbian, Windows Mobile, atau sistem operasi lain. Ponsel sederhana pun bisa. Syaratnya—aduh, kok masih ada syarat sih—cuma satu: punya fitur Java. Syarat ini mudah dan pasti terpenuhi. Soalnya, nyaris semua ponsel sekarang ini punya fitur Java.

Kita hanya perlu mencari program Java untuk di-instal di ponsel. Karena yang dibahas kali ini adalah “YM-an” di ponsel (sudah tahu kan kalau YM itu singkatan dari Yahoo! Messenger?), kita akan meng-instal program Java untuk melakukan itu. Setelah berburu dan mencoba beberapa aplikasi, PCplus memakai YMTiny.

Oh ya, ada yang perlu diingat. Jangan bayangkan YMTiny punya semua fitur Yahoo! Messenger. Tapi, paling tidak kita bisa melihat status kawan, mengirim dan menerima “BUZZ”, mengirim pesan dengan emotikon, dan, yang paling penting, bisa terhubung dengan Yahoo! Messenger dengan perangkat yang pasti kita bawa. YMTiny juga punya fitur untuk mengatur tanda adanya pesan masuk—suara, getaran, atau kelap-kelip lampu. Kita juga bisa mengatur status kita.

Tampilan YMTiny jauh dari Yahoo! Messenger. Maklumlah, namanya juga tampilan sebuah ponsel sederhana, jadi tak begitu rumit. Setelah sign-in, YMTiny akan menampilkan daftar kontak. Kita tinggal pilih salah satu yang hendak diajak ngobrol dan ngobrollah.

Instalasi & Cara Pakai
1. Kunjungi http://orisinil.com/files/ymtiny.jad dari browser pada ponsel. Tentu saja koneksi internet sudah diatur, yah. Kalau muncul peringatan yang memberi tahu bahwa program yang hendak diunduh dan di-instal “tidak dapat dipercaya” alias “untrusted”, cuek saja. Lanjut terus. Instal saja.

2. Ketika YMTiny sudah selesai di-instal, bisa jadi ponsel bertanya, “Apa mau langsung dijalankan?” Jawab saja,”Ya.”

3. Masukkan Yahoo! ID dan password di kotak yang tepat. Kalau sudah, sign-in.

4. YMTiny menampilkan daftar Yahoo! ID milik kawan kita berikut statusnya. Pilih kawan yang hendak diajak ngobrol.

5. Kirimlah pesan kepadanya. Inilah jendela obrolan kita dengan kawan.

6. Cobalah lihat bagian “Settings”. Kita bisa mengatur berbagai hal, seperti suara, getaran, ukuran font, dan animasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com