Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rp 5 Juta, Nokia Optimistis E72 Laris

Kompas.com - 18/06/2009, 17:03 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Di tengah maraknya persaingan ponsel pintar atau smartphone, Nokia menyatakan sangat yakin bahwa E72 bakal menjadi jurus yang tepat untuk memenangkan pasar di Indonesia.

Dibandrol dengan harga 350 euro atau sekitar Rp 5 juta (belum pajak dan subsidi), ponsel yang resmi dipasarkan mulai kuartal ketiga ini diyakini bakal disambut antusias seperti halnya Nokia E71 yang laris manis di pasaran.

Optimisme itu diungkapkan Vice President Nokia untuk produk E-Series, Ilari Nurmi, di sela-sela acara 9-th Nokia Connection 2009, Senin (15/9), di Singapura. Menurut Nurmi, E72 layak menjadi primadona berikutnya mengingat penyempurnaan dari sisi teknologi dan fitur yang disesuaikan kebutuhan konsumen.  

"Indonesia merupakan pasar yang sangat bagus untuk E-series dalam beberapa tahun terakhir.  Itu telah dibuktikan dengan keberhasilan kami memasarkan E63 dan E71. Saya yakin E72 juga akan sukses seperti pedahulunya karena ada sejumlah perbaikan yang signifikan dalam hal fitur dan teknologi," ungkap Nurmi.

Perbaikan yang dimaksud Nurrmi di antaranya adalah kamera yang kini resolusinya naik dari 3,2 mega piksel menjadi 5 mega piksel, selain juga prosesornya yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Prosesor ini akan menjadikan ponsel ini lebih cepat serta mendukung kecepatan download dan upload lebih baik hingga 10,2 mbps, atau tiga kali lebih cepat dari seri E71," ujar Nurmi. 

Satu hal lain yang penting adalah navi key optical yang membuat navigasi di layar menjadi sangat mudah. Dengan bentuk yang berbeda dengan trackball pada Blackberry, navi key dilengkapi fitur sensasi getar sehingga membuat penjelajahan di layar sangat nyaman tidak seperti pada ponsel E71 yang masih  memakai tombol scroll 4-arah dengan tombol pilih di tengah. 

Penyempurnaan lain dari ponsel E72 adalah hadirnya kompas digital yang sangat membantu saat Anda menggunakan peta atau GPS. Selain itu ada  jack audio 3,5 mm untuk konektivitas  dengan perangkat audio lainnya.

Dari sisi software, Nokia E-72 bakal menyuguhkan pengalaman baru dengan kehadiran fitur messaging pada halaman depan. Melalui fitur ini, pengguna dapat terhubung  langsung dengan Instant Messaging (IM) seperti YM, GTalk, atau Ovi.

Kapasitas memorinya 250 MB internal dan 4 GB eksternal dengan microSD. Memori eksternalnya dapat diganti hingga kapasitas maksimum 16 GB. Nokia E72 tersedia dalam tiga warna, Zodium Black, Metal Grey, dan Topaz Brown.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com