Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Tahun 2008, Orang Indonesia Ngomong 28,2 Miliar Menit di Telepon

Kompas.com - 03/07/2009, 20:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah terjangan krisis ekonomi yang dimulai pertengahan 2008, ternyata tidak membuat bergeming industri komunikasi di Indonesia. Industri ini tumbuh positif pada tahun 2008 dibanding tahun sebelumnya.

Demikian diungkap Sekretaris Jenderal Asosiasi Kliring Interkoneksi dan Telekomunikasi (Askitel) Rakhmat Junaidi saat puncak perayaan Aksikel di Jakarta, Jumat (3/7). Menurut Rakhmat, pertumbuhan positif tersebut ditunjukkan dengan naiknya lalu lintas panggilan (traffic call) sebanyak 24,19 persen.

"Pada tahun 2007 traffic call-nya 16 miliar call sedangkan tahun 2008 naik menjadi 19,9 persen," ujar Rakhmat.

Indikasi kenaikan berikutnya, ia melanjutkan, tingkat durasi juga mengalami peningkatan 28,04 persen. "Tahun 2007 durasinya 22 miliar menit, sedangkan di tahun berikutnya naik menjadi 28,2 miliar menit," paparnya.

Rakhmat yang juga Direktur Corporation Services Bakrie Telecom mengharapkan pertumbuhan positif ini akan terus berlanjut di tahun berikutnya.

Askitel yang berdiri tahun 2004 saat ini beranggotakan 12 operator di Indonesia, yakni Bakrie Telecom, Batam Bintan Telekomunikasi, Indosat, Mobile 8, Axis, Pasifik Satelit Nusantara, Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, Telkomsel, Telkom, XL, Hutchison CP Telecom Indonesia, dan Smart.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com