Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Prototipe Google Chrome OS?

Kompas.com - 09/07/2009, 18:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Google telah mengumumkan pengembangan Google Chrome Operating System yang akan dirilis akhir tahun ini dan beredar di pasar mulai pertengahan 2010. Bocoran yang diungkap Google dalam blog resminya hanya informasi dasar bahwa sistem operasi tersebut berbasis open source, bekerja, baik di sistem prosesor x86, maupun ARM, ringan, meminta spesifikasi hardware ringan, dan dibuat dari platform web browser Chrome.

Seperti apa spesifikasi rinci sistem operasi tersebut masih menjadi rahasia. Namun, hanya selang dua hari sejak diumumkan, muncul sebuah blog tanpa identitas penulis yang memberikan informasi seputar sistem operasi tersebut.

Penulis blog tersebut mengklaim sebagai sumber pertama yang memperlihatkan screenshot Google Chrome OS. Ada 4 gambar yang diperlihatkan dalam blog yang beralamat di http://chromeosleak.wordpress.com itu. Dalam gambar screenshot dari berbagai sudut itu tertulis Google Chrome OS Private Development Beta.

Penulis blog itu mengaku bekerja sebagai salah satu perusahaan penyuplai komponen untuk laptop Acer. Sebelumnya, Google mengumumkan telah menjajaki kerja sama dengan sejumlah vendor yang akan menggunakan sistem operasi tersebut, termasuk Acer.

"Hari ini seorang perwakilan Google berkunjung ke tim Acer untuk meng-instal dan memamerkan beberapa fitur Google OS yang sedang dalam pengembangan. Saya diundang Acer untuk datang dan melihat demo tersebut," katanya.

Demo tersebut dilakukan menggunakan laptop Acer Extensa 4620Z yang diproduksi antara akhir 2007 dan awal 2008. Sejumlah fakta yang dilaporkan antara lain:

1. Proses instalasi di laptop tersebut hanya membutuhkan waktu 10 menit dan hanya sekali restart.
2.Untuk booting membutuhkan waktu sekitar 25 detik.
3. Di bagian bawah ada tombol warna biru yang disebut Chrome Bara seperti pada bagian tengah logo Chrome. Fungsinya seperti menu Start pada Windows karena jika diklik keluar jendela folder program.
4. Bagian pojok kanan bawah ada penanda waktu (jam digital) dan juga penanda kualitas jaringan internet.
5. Ada dua cara navigasi, exploration dan browser. Dengan Exploration, navigasi dilakukan mirip Windows Explorer, sedangkan navigasi browser menawarkan pencarian menggunakan fitur pencarian.

Namun, semua informasi tersebut masih belum dikonfirmasi Google. Benar atau tidak, kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com