Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nonaktifkan Tombol Windows di Keyboard

Kompas.com - 13/07/2009, 10:36 WIB

Pada keyboard keluaran baru, biasanya terdapat dua tombol baru berlogo Windows. Saat tombol ini ditekan, menu Start akan terbuka. Selain untuk membuka menu Start, tombol ini bisa dimanfaatkan untuk membuka beberapa aplikasi di Windows.

Para pengguna Windows sejati, tentunya sudah hapal betul hotkey-hotkey untuk menjalankan suatu fungsi pada Windows, misalnya Windows + e untuk menjalankan fitur Computer, Windows + r untuk menjalankan fitur Run, berpindah program dengan Windows + tab, dan sebagainya. Ternyata hotkey-hotkey ini dapat menjadi masalah bagi PC yang selalu digunakan bersama. Apa sebab? Dengan adanya akses ke semua file yang ada di komputer, seseorang bisa mengotak-atik isi di dalamnya. Belum lagi kalau pengguna memanfaatkan shortcut-shortcut lain untuk mengakses sistem.

Oleh karena itu, dengan menghilangkan hotkey Windows ini berarti kita sudah menanggulangi kemungkinan-kemungkinan buruk itu. Setidaknya mengurangi niat orang iseng yang ingin menjahili PC.

Daripada ribet dengan penjelasan yang panjang, mending kita cobain aja trik yang satu ini.
1. Jalankan Registry editor yaitu dengan mengetikkan regedit pada menu Start.
2. Masuklah ke sub key HKEY_CURRENT_USER-Software-Microsoft-Windows-CurrentVersion-Policies-Explorer.
3. Kemudian buatlah data DWORD Value 32 bit baru dengan mengklik kanan mouse kemudian pilih menu New > DWORD value (32 bit) dan beri namaDWORD Value tersebut dengan nama NoWinKeys.
4. Klik ganda data tersebut dan gantilah nilainya menjadi 1.
5. Restart PC Anda untuk melihat hasilnya.

Sekarang, cobalah menjalankan fitur Computer dengan hotkey Windows + e atau menjalankan fitur lain melalui tombol Windows dan amati apa yang terjadi. Windows tak akan merespon permintaan Anda itu.

Apabila Anda berkeinginan untuk mengembalikan seting ke kondisi semula, Anda dapat mengganti nilai 1 tersebut menjadi 0 atau langsung menghapus DWORD Value NoWinKeys.

Sumber: PCplus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com