Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Office Web App Siap Duel dengan Google Docs

Kompas.com - 14/07/2009, 09:52 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Mulai tahun depan, Microsoft akan menggratiskan aplikasi Office dalam versi online. Layanan ini akan menjadi pesaing berat bagi Google Docs yang lebih dulu menyediakan layanan serupa.

Layanan Office dalam format web application memungkinkan pengguna melakukan pengolahan kata, tabel, dan presentasi tanpa harus membeli software dan menginstal di komputer. Hal tersebut cukup dilakukan dengan mengunjungi situs di internet dan melakukan pendaftaran untuk memperoleh hak akses. Data-data hasil pengolahan akan tersimpan di server layanan tersebut.

"Office web application merupakan versi browser yang ringan dari Word, PowerPoint, Excel, dan OneNote yang menyediakan akses ke dokumen dari mana saja," demikian Microsoft. Layanan ini akan ditempatkan dalam Windows Live dan untuk mengaksesnya harus memiliki akun Live.

Rencana tersebut diumumkan dalam pembukaan Worldwide Partner Conference di New Orleans, Senin (13/7). Dalam ajang tersebut juga diumumkan bahwa generasi baru Microsoft Office 2010, Visio, Project, dan SharePoint Server akan dirilis pada tengah tahun opertama 2010. Saat ini versi trialnya sudah diuji coba kepada puluhan ribu penguji terpilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com