Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Ada Netbook Pakai CD-Room

Kompas.com - 26/07/2009, 22:32 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Selama ini konsep netbook, laptop mini dengan harga terjangkau, hadir tanpa CD-Room demi keringkasan. Namun, untuk pertama kalinya, ada netbook yang dilengkapi pembaca cakram digital yang dirilis ke pasaran yakni Asus Eee PC 1004DN.

Netbook ini pertama kali dipamerkan dalam CES (Consumer Electronics Show) 2009 pada Januari silam di AS. Kualitasnya tak kalah dengan notebook standar dan tetap ergonomis meski dengan ukuran mini.

Tidak hanya CD-Room, netbook baru ini juga dilengkapi pemindai sidik jari. Proses komputasinya didukung dengan Intel Atom N280 1,66 GHz dan chipset Intel GN40 serta kartu grafis X4500M. Dengan kartu grafis ini, ia sanggup menjalankan langsung film standar 720p HD video dan 1080p HD video dengan mengatur bagian-bagian setting tertentu.

Kehadiran CD-Room tak mengorbankan penampilannya. Berat total hanya sekitar 1,6 kilogram. Ukuran layarnya 10,2 inci dengan resolusi 1024 x 600 piksel. Memori bawannya RAM 1 GB. Untuk koneksinya tersedia WiFi standar IEEE 802.11b/g/n, Bluetooth 2.1, dan slot ExpressCard 34. Baterainya 6 sel mampu bekerja hingga 5,5 jam.

Sayangnya produk ini sementara baru dijual di taiwan dan belum ada kabar kapan akan dilempar ke negara lain. Di Taiwan, harga jualnya sekitar 608 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com