Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Pertama Kalinya, Microsoft Akui Linux Sebagai Pesaing

Kompas.com - 05/08/2009, 10:51 WIB

SEATTLE, KOMPAS.com - Microsoft untuk pertama kalinya menyebut Linux sebagai pesaing Windows di bisnis PC (komputer personal). Dalam laporan tahunan yang harus disetor kepada Komisi Pengawas Bursa AS, Microsoft menyebut Red Hat dan Canonical sebagai kompetitor langsung di bisnis ini selain Apple.

Ini merupakan pengakuan pertama Microsoft yang menjadikan produk-produk Linux sebagai saingannya. Hal tersebut kemungkinan dipicu maraknya bisnis netbook yang memperbesar kue pasar di bisnis komputer klien.

"Netbook menyadarkan Microsoft bahwa sistem operasi lainnya dapat merebut pasar desktop," ujar Rob Helm, direktur riset Microsoft dengan optimistis. Munculnya fenomena netbook, jelas Helm, menjadi peringatan bagi Microsoft untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut.

Sebelumnya, Microsoft hanya menyebut RedHat sebagai pesaing dalam bisnis server dan tools. Produk-produk RedHat berhadapan dengan Windows Server di area tersebut. Namun, saat ini RedHat juga dilihat sebagai pesaing di bisnis desktop. Canonical yang juga disebut sebagai pesaing merupakan penyokong Ubuntu, salah satu distro Linux yang populer saat ini.

Dalam pernyataan resminya itu, Microsoft menyatakan bahwa bisnis komputer klien menghadapi kompetisi dari berbagai perusahaan yang mapan dengan pendekatan berbeda ke pasar. "Kompetisi terjadi di antara produk software komersial, termasuk varian Unix, seperti Apple, Canonical, dan Red Hat," demikian pernyataan tersebut.

Untuk mengalahkan para pesaingnya, Microsoft akan menggeser dominasi netbook dengan notebook ringan dengan harga terjangkau. Notebook kelas ultraringan inilah yang akan didorong Microsoft ke depan.

"Microsoft akan mengganti netbook dengan laptop ultraringan yang memiliki daya tahan baterai lama serta terjangkau meski menjalankan penuh Windows," ujar Helm. Bisa jadi, ;amhak tersebut akan memaksa Microsoft menurunkan harga Windows yang selama ini menjadi salah satu komponen paling mahal di laptop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com