Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Skype Mungkin Disadap

Kompas.com - 31/08/2009, 08:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengguna Skype, waspadalah. Perusahaan sekuriti Symantec menemukan rilis publik dari kode sumber Trojan yang menyasar para pengguna Skype.

Trojan.Peskyspy adalah spyware yang merekam panggilan suara dan menyimpannya sebagai file MP3. Mesin yang telah terinfeksi akan menggunakan software yang menangani pemrosesan audio di dalam komputer dan menyimpan panggilan data sebagai sebuah file MP3.

File MP3 kemudian dikirimkan via Internet ke server yang sudah ditentukan di mana si penyerang kemudian bisa mendengarkan percakapan-percakapan yang telah direkam. Karena panggilannya adalah MP3, ukuran file pun tidak besar dan beban transfernya rendah.

Menurut Symantec, saat ini resiko ancaman Trojan ini masih rendah. Namun karena kode ini tersedia secara bebas, Symantec mengatakan bahwa para pembuat malware bisa saja memanfaatkannya sebagai bagian dari paket pengintaiannya. Untungnya, para pencipta malware ini harus menghabiskan banyak waktu untuk mendengarkan berjam-jam file audio Skype untuk mendapatkan sesuatu yang menarik perhatian mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com