Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jebol Enkripsi WPA Hanya Butuh Satu Menit

Kompas.com - 31/08/2009, 08:22 WIB

KOBE, KOMPAS.com - Enkripsi WPA (Wi-Fi Protected Access) seharusnya tangguh bukan? Namun para ilmuwan Jepang ternyata hanya butuh waktu 60 detik untuk menjebol enkripsi WPA yang digunakan dalam router nirkabel. Catatan waktu ini menumbangkan rekor sebelumnya yang 15 menit.

Toshihiro Ohigashi dari Hiroshima University dan Masakatu Morii dari Kobe University akan mengungkapkan bagaimana mereka melakukan hal di atas pada sebuah konferensi di Hiroshima 25 September mendatang.

Penjebolan ini tidak memberikan kontrol penuh dari koneksi Wi-Fi, tetapi memungkinkan pembacaan dan spoofing paket-paket data. Namun kemudahan menjebol enkripsi WPA TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) membuat bahwa siapa pun yang peduli akan sekuriti harus mulai berpikir untuk pindah ke WPA2 dengan enkripsi AES (Advanced Encryption Standard) yang lebih aman.

Serangan ini dilakukan pada sebuah PC dan Wi-Fi Access Point yang jaraknya cukup jauh sehingga kedua perangkat tidak langsung saling melihat. Serangan komputer dilakukan di antara keduanya dengan bertindak sebagai relay yang menggunakan checksum yang tepat untuk mengelabui jaringan.

Berita baiknya, sampai saat ini WPA2 dengan enkripsi AES yang lebih baru tetap aman dari serangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com