Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Office Starter 2010 Gratis Pakai Iklan

Kompas.com - 09/10/2009, 11:49 WIB

SEATTLE,KOMPAS.com - Microsoft berencana merilis aplikasi Microsoft Office Starter 2010 secara cuma-cuma tanpa bayaran sepeserpun. Namun, saat mengakses aplikasi tersebut, pengguna akan disuguhi iklan.

Kehadiran Office Starter 2010 ini menggantikan Microsoft Works, versi ekonomis seri aplikasi Office yang selama ini terkesan ditutup-tutupi Microsoft. Aplikasi gratisan itu akan tersedia dalam komputer-komputer baru yang menggunakan sistem operasi Windows dalam waktu dekat.

Hanya akan tersedia dua aplikasi dari keluarga Office yakni Word Starter dan Excel Starter tentu saja dengan fungsi dasar saja. Office Starter 2010 tidak menyertakan aplikasi Outlook, OneNote, atau PowerPoint seperti dalam Microsoft Works.

Di komputer-komputer baru tidak akan ada lagi versi trial Office seperti yang disertakan dalam Windows Vista. Namun, pengguna yang menginginkan versi lengkap Office 2010 bisa melakukan aktivasi program yang sebenarnya sudah terinstall dengan membeli product key card.

Selama masih menggunakana veri Starter, pengguna akan disuguhi iklan pada Task Pane di bagian bawah kanan. Namun, sampai saat ini belum jelas bentuk iklan seperti apa yang akan dibikin Microsoft dan bagiamana distribusinya.

Langkah tersebut mungkin bentuk jalan tengah Microsoft di bisnis Office yang makin ketata dengan hadirnya layanan-layanan cloud seperti Google Docs. Microsoft akan memberikan cuma-cuma layanannya, namun tetap bisa menghasilkan uang dari sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com