Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Geocities

Kompas.com - 27/10/2009, 12:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yahoo! secara resmi akhirnya mengakhiri layanan web hosting gratis di Goecities untuk selamanya. Semua konten yang pernah ditampilkan akan hilang dan tidak akan dilakukan pengarsipan.

"Mulai 26 Oktober 209, Anda tidak bisa lagi menggunakan Geocities untuk mengelola kegiatan online secara cuma-cuma," demikian pernyataan Yahoo!. Sebagai gantinya, Yahoo! menawarkan upgrade ke layanan hosting premium dengan fitur-fitur baru berbiaya 4,99 dollar AS perbulan namun tak lagi menggunakan alamat Geocities.

Tindakan ini tidak tiba-tiba karena pengumuman untuk menghentikan Geocities dilakukan pertama kali pada April lalu dan ditetapkan pada Juli. Yahoo! juga sudah menyediakan FAQ atau daftar tanya jawab bagi pengguna Geocities yang ingin menyelamatkan kontennya karena Yahoo! akan menghapus semua konten yang ada.

Geocities berdiri sejak pertengahan 1990-an dan dirilis ke publik pertama kali tahun 1998. Yahoo! mengakuisisi Geocities pada tahun 1999 senilai 3,57 miliar dollar AS. Selama lebih dari sepuluh tahun, Geocities telah menjadi salah satu pilihan hosting generasi web pertama termasuk para penyebar spam dan malware.

Sebelum Geocities, Yahoo! juga telah menghentikan sejumlah layanannya seperti Yahoo!360 yang merupakan layanan jejaring blog dan jejaring sosial Yahoo!Mesh. Sebagai gantinya, Yahoo! kini mengandalkan sejumlah layanan baru.

"Kami telah mendesain layanan lain yang membantu Anda berhubungan dengan teman dan keluarga dan berbagi aktivitas dan interes," demikian pernyataan Yahoo! menjelang penutupan Geocities. Saat ini Yahoo! mengandalkan sejumlah layanannya antara lain blog feed del.icio.us, Flickr, Yahoo!Messenger, dan yang paling baru Meme serta mengintegrasikan layanannya ke dalam Yahoo!Mail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com