Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempel Semua Clipboard

Kompas.com - 05/11/2009, 14:40 WIB

Teks yang kita paste biasanya merupakan teks yang baru saja di-copy. Namun di Microsoft Office yang punya fitur Office Clipboard, teks yang di-paste tidak mesti teks yang baru saja di-copy. Semua yang kita copy, masuk ke “memori” Office. Ketika kita lakukan “paste all”, semua teks yang sudah kita copy muncul.

Bagaimana kalau ada salinan yang tidak kita inginkan? Tinggal dihapus saja hasil salinan tersebut. Caranya, Aktifkan fitur Office Clipboard dengan menekan menu [Edit] > [Office Clipboard] di Office lawas atau klik kotak kecil di pojok kanan bawah grup Clipboard yang ada di tab [Home]. Salin sebanyak-banyaknya tulisan atau gambar yang ingin kita paste ke dokumen lain. Setelah fitur ini aktif, maka di layar kanan akan muncul jendela clipboard.

Setelah muncul, kita bisa melihat item apa saja yang telah kita copy ke clipboard ini. Jika kita ingin mem-paste semua item, tinggal klik tombol [Paste All]. Kalau ada item yang tidak kita inginkan, tinggal tempatkan kursor mouse item tersebut, klik kanan, atau mengklik tombol panah yang menghadap ke bawah pilih [Delete].

Jika ingin agar Office clipboard ini otomatis muncul ketika kita melakukan proses copy, kliklah tombol [Options], pilih [Show Office Clipboard Automatically]. Jika kita ingin ikon Office Clipboard ini muncul di taskbar, maka setelah tombol [Options] diklik, pilih [Show Office Clipboard Icon on Taskbar].

Jika ingin mengetahui status dari pengopian yang kita lakukan, pilih [Show Status Near Taskbar When Copying]. Jika sudah tidak menginginkan seluruh data yang telah kita copy, klik saja [Clear All].

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com