Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuat Drive DVD Virtual

Kompas.com - 11/11/2009, 10:30 WIB

File image yang dihasilkan oleh Nero Burning ROM hanyalah satu file berekstensi .nrg yang ukurannya sama dengan CD/DVD sumbernya. Anda enggak bisa melihat isi dari file .nrg tersebut dengan bantuan Nero Burning ROM, karena program ini hanya mengizinkan Anda melakukan burning ke media CD/DVD kosong. Tapi, berkat bantuan software Nero ImageDrive yang dibundel dengan Nero, Anda bisa menggunakan isi file image yang dimiliki layaknya menggunakan CD/DVD biasa.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana. Nero ImageDrive akan membuat sebuah drive virtual dan melakukan emulasi terhadap file image yang Anda miliki. Isi file image tersebut kemudian dapat diperlakukan seperti CD/DVD biasa melalui drive virtual yang telah dibuat.

Berikut cara membuat drive virtual Nero:
1. Klik Start > All Programs > Nero > Nero 9 > Nero ImageDrive.
2. Sebuah jendela yang mengkonfirmasi pengaktifan ImageDrive akan muncul. Jawab dengan Yes.
3. Proses instalasi driver image drive akan berlangsung beberapa saat. Ketika muncul informasi bahwa driver NERO IMAGEDRIVE2 SCSI CdRom Device belum mendapat sertifikasi, klik Continue Anyway.
4. Setelah proses instalasi driver selesai, jendela Nero ImageDrive akan aktif. Berikan tanda cek pada kotak cek “Enable drive” di bawah First drive. Apabila Anda menginginkan dua buah drive virtual baru di komputer Anda, tandai juga “Enable drive” di bawah Second drive.
5. Berikan tanda centang pada “Mount images at startup” agar file image secara otomatis tetap berada pada drive-nya meskipun komputer di-restart.
6. Konfirmasikan perubahan dengan mengklik OK.

Sekarang, buka Windows Explorer dan lihat di sana. Akan terdapat satu atau dua DVD drive baru di daftar My Computer.

Selanjutnya, Anda bisa “memasukkan” CD atau DVD virtual dengan menjalankan kembali Nero ImageDrive, klik tab First drive atau Second drive, lalu klik “...” di bagian Image dan tentukan file image yang ingin dibuka. Setelah proses “mount”, Anda bisa melihat dan menggunakan isi file image melalui drive virtual milik Nero yang dapat diakses dari Windows Explorer. Untuk “mengeluarkan” isi drive, klik tombol Eject.

Sebagai informasi, Nero Image Drive ini hanya bisa berjalan di Windows XP. Enggak bisa di Windows 7, apalagi Windows Vista.

Sumber: PCplus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com