Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Lamongan Migrasi ke Open Source

Kompas.com - 08/12/2009, 15:34 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur mulai melakukan migrasi seluruh perangkat software yang digunakan seluruh instansi di bawahnya menggunakan solusi open source. Proses migrasi ini diperkirakan rampung dalam dua tahun.

Hal tersebut dalam rangka memenuhi target bahwa pada akhir 2011, seluruh instansi pemerintahan diharuskan sudah menggunakan perangkat lunak (software) legal. Ini sesuai Surat Edaran Menkominfo nomor 5/2005 tentang Pemakaian dan Pemanfaatan Penggunaan Piranti Lunak Legal di Lingkungan Instansi Pemerintah serta Surat Edaran Menkominfo nomor 01/2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software.

Dalam mendukung kebijakan itu, Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) Lamongan, Selasa (8/12), menggelar Sosialisasi open source software (OSS) dan Pemanfaatan mail.lamongankab.go.id . Asisten Bidang Administrasi Kabupaten Lamongan, Aris Wibawa menyatakan pemahaman sebagian besar masyarakat atas penegakan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) selama ini belum merata.

"Hal itu mendorong masyarakat, tak terkecuali yang berada di lingkungan instansi pemerintahan untuk tetap menggunakan software komputer ilegal atau bajakan," katanya.

Menurut Aris, semangat untuk menghormati HaKI ini tetap harus diiringi solusi dengan memberikan akses yang mudah untuk memperoleh software yang bukan hanya legal tapi juga murah.

"Dengan software open source, masyarakat bisa mendapatkan perangkat lunak yang legal dan murah, bahkan gratis. Selain itu open source ini ini dikenal relatif lebih kebal terhadap virus," paparnya.

Aris menyampaikan, saat ini website resmi Pemkab Lamongan telah menggunakan basis software open source dilengkapi sejumlah fasilitas dan fitur-fitur layanan termasuk e-mail dengan domain mail.lamongankab.go.id. Diharapkan penggunaan software open source bisa menjadi sesuatu hal yang biasa di lingkungan Pemkab Lamongan yang nantinya juga berkembang dengan baik di tengah masyarakat.

KPDE Lamongan kedepan berencana mengembangkan open source sendiri untuk setiap unit k omputer di Pemkab Lamongan. "Open source tersebut nantinya akan dikembangkan dari basis operasi Linux. Insya Allah pada 2011 nanti pemanfaatan perangkat lunak berbasis open source di lingkungan Pemkab Lamongan dapat berjalan sukses," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com