Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HT Mobile M15 Music Phone: Hape Musik Harga Menarik

Kompas.com - 17/12/2009, 16:26 WIB

Sekilas, bentuk HT Mobile M15 Music Phone menyerupai hape Nokia Express Music yang memiliki tombol pintas ke playlist music di bagian sisi kiri body-nya. Walau sangat fungsional, keberadaan tombol ini malah sedikit mengganggu tampilan keseluruhan yang terlihat menjadi lebih lebar.

Berkat bodi-nya yang cukup lebar, hape candy bar ini tetap nyaman digenggam walau berpermukaan halus dan licin. Tapi, sering-seringlah mengelapnya, karena akan sering kotor dengan jejak sidik jari yang menempel.

Dibandingkan HT Mobile Music Phone seri lain, M12 dan M10, seri yang satu ini memiliki tampilan layar yang lebih besar, yakni 2”. Ditambah lagi dengan warna casing di sekeliling layar yang serupa, membuat kesan layar menjadi lebih luas. Displai yang nyaman dilihat ternyata didukung 256 ribu warna dengan kerapatan piksel 176x220 pixel. Ini membuat tampilan warna menjadi lebih tajam.

M15 juga mengusung jaringan Dobel GSM yang dapat aktif secara berbarengan. Kelebihannya, kita dapat memilih untuk mengaktifkan keduanya atau memilih salah satunya saja. Jika salah satu saja yang aktif, pada layar tampak tanda silang pada sisi nama SIM Card dan lambang sinyal. Untuk memudahkan penggunaan, di sebelah kiri tombol navigasi terdapat dua tombol dial calls untuk masing-masing SIM card.

Keseluruhan tombol, baik navigasi maupun deretan angka, menggunakan bahan plastik empuk sehingga sangat pas untuk urusan pencet-memencet. Walaupun permukaannya juga licin, jari tidak akan mudah tergelencir hingga salah memencet tombol saat ayik ber-SMS ria.

Musik
HT Mobile M15 yang mengusung konsep music phone ini berusaha memudahkan penggunanya untuk menikmati alunan musik dengan menyediakan tombol shortcut di sisi kanan atas. Tersedia tombol Play-Off musik yang dapat langsung dipencet untuk memulai alunan lagu setelah mengeset playlist-nya.

Walau disediakan folder My Music di memori hape, tetap saja lagu tidak dapat disimpan karena kapasitas total memori internalnya yang hanya sebesar 761KB, padahal satu buah lagu saja memiliki besaran lebih dari 1MB. Jadi koleksi lagu hanya dapat disimpan di memori eksternalnya saja.

Seperti lazimnya hape Cina lainnya, suara M15 nyaring. Lantangnya suara kadang teredam saat hape diletakkan di bidang datar dengan layar menghadap ke atas. Ini akibat posisi speaker yang terletak di bagian belakang bawah bodi. Namun sayangnya, untuk menunjang konsep utama hape ini terlihat masih banyak kekurangan. Suara yang keluar terasa pecah, apalagi saat volume dimaksimalkan. Untungnya, suara masih dapat diatur sesuai keinginan lewat equalizer yang terdapat di dalam fitur sound effect. Alhasil kualitas suara lebih dapat dinikmati oleh telinga.

Selain itu, mendengarkan music lewat radio FM juga dapat dilakukan. Pada layar terdapat shortcut icon Radio yang berdampingan dengan music player. Untuk mengaktifkannya, handsfree harus dicolokkan terlebih dulu pada jack 3,5mm. Siaran radio yang tengah diputar dapat direkam lewat fasilitas Record dengan hasil suara sesuai volume saat proses perekaman.

Kamera
Walau fokus pada musik, HT Mobile M15 menyediakan perangkat kamera VGA. Sayangnya tidak tersedia tombol khusus kamera. Untung tombol navigasi ke kanan sudah di-default untuk mengoperasikan kamera. Tidak ada fasilitas cepat untuk berpindah dari kamera ke video seperti halnya hape pada merek lain. Hasil foto juga dapat di-share ke banyak orang via MMS dan Bluetooth. Aktivasi MMS dapat dilakukan dengan men-setting Server Profile sesuai operator yang digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com