Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Elm Bantu Anda Kurangi Karbondioksida

Kompas.com - 20/12/2009, 10:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah negosiasi alot konferensi perubahan iklim di Kopenhagen, Denmark, pekan lalu untuk menentukan komitmen setiap negara di dunia untuk menekan emisi karbon dioksida, Sony Ericsson mengumumkan ketersediaan ponsel yang ramah lingkungan. Dengan ponsel yang diberi nama Elm ini, setiap orang bisa mengukur seberapa besar perannya dalam mengurangi emisi karbon. 

Walk Mate Eco, salah satu aplikasi standar yang dimiliki ponsel ini bisa memberitahukan berapa gram emisi karbon dioksida yang bisa dicegah jika penggunanya beraktivitas dengan berjalan kaki. Aplikasi tersebut akan mengkonversi jumlah langkah ke berat karbon dioksida. Namun, tidak hanya aplikasi tersebut yang membuat ponsel ini menarik. Elm masuk dalam program Green Heart yang dicanangkan Sony Ericsson untuk menghasilkan produk ramah lingkungan. Sony Ericsson membuatnya dengan casing berbahan plastik daur ulang, manual elektronik di dalam ponsel, bebas dari bahan kimia berbahaya, konsumsi daya charger yang rendah, dan kemasan ukuran kecil.

Fitur lainnya kamera 5 megapiksel dengan autofocus, Google Maps, Wisepilot, navigasi turn-by-turn dengan AGPS, 10 hari trial aplikasi cuaca dari Accuweather, dan Media Player. Sony Ericsson Elm mendukung jaringan UMTS HSPA 900, 1200 dan GSM/GPRS/EDGE 850, 900, 1800, 1900. Elm akan dikemas dengan GreenHeart personal handsfree, the Stereo Portable Handsfree HPM-60J. Produk ini akan tersedia di Indonesia dalam warna Metal Black dan Pearly Rose mulai dari kuartal 1 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com