Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ferrari" dan "Chelsea" Dilarang Jadi Password di Twitter

Kompas.com - 01/01/2010, 17:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Situs mikroblogging Twitter melarang penggunaan ratusan kata sebagai password di layanannya karena dinilai terlalu mudah ditebak. Total ada 370 kata yang dilarang dan diberlakukan saat pendaftaran pengguna baru.

Kata-kata yang dilarang antara lain "123456", "password", "password1", serta nama mobil mewah seperti "porsche", "ferrari", atau nama kesebelasan yang populer seperti "chelsea" dan "arsenal". Selain itu, kata-kata yang berkaitan dengan film fiksi ilmiah juga banyak yang dilarang seperti "THX1138", judul film pertama George Lucas, produser Star Wars. Kata lainnya "NCC1701", nomor register pesawat ruang angkasa Enterprise di Star Trek dan " trustno1" yang merupakan password milik Fox Mulder dalam The X-Files.

Sebagaimana dilansir Telegraph, hasil riset sebelumnya menunjukkan bahwa pengguna internet sering membuat password yang terlalu mudah ditebak. Dalam penelitian yang dipublikasikan awal tahun ini, perusahaan asuransi CPP di Inggris menemukan bahwa hampir setengah orang di Inggris menggunakan password yang sama untuk melakukan login ke layanan internet banking, situs jejaring sosial, dan belanja online.

Riset tersebut juga menemukan bahwa salah satu dari lima orang juga menggunakan nama hewan piaraannya sebagai password. Sementara itu, satu dari delapan orang menggunakan tanggal penting seperti tanggal lahir dan satu dari sepeuluh orang menggunakan nama anaknya. Pakar keamanan umumnya menasihatkan agar membuat password yang aman dengan kombinasi angka, huruf, dan simbol. Selain itu, password sebaiknya juga rutin diganti dan jangan menggunakna password yang sama di berbagai layanan internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com