Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad, Nama Tablet Buatan Apple

Kompas.com - 28/01/2010, 07:52 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Akhirnya Apple mengumumkan perangkat tablet buatannya, Rabu (27/1/2010) atau Kamis dini hari WIB di San Francisco, AS. CEO Apple Steve Jobs yang tampil di panggung menahbiskan nama iPad untuk perangkat tersebut.

Penggunaan nama iPad sudah diduga sebelumnya di antara sejumlah nama yang menjadi sebatas rumor sejak beberapa bulan terakhir. Beberapa hari sebelum peluncuran ini, Apple meminta hak cipta iPad yang kini dipegang Fujitsu untuk salah satu perangkat jinjingnya.

Sambil menenteng iPad, Steve Jobs mengatakan, perangkat itu menggunakan layar IPS 9,7 inci, tebal 0,5 inci, dan berat 1,5 pound. Prosesornya buatan sendiri Apple A4 1 GHz. Daya baterainya mencapai 10 jam untuk penggunaan aktif dan sebulan untuk standby. Sekilas tampilannya mirip iPhone dengan ukuran besar. Fungsinya pun tak kalah dengan notebook untuk bekerja, mengakses multimedia, dan berselancar di web.

Apple menyediakan dua varian iPad, masing-masing yang hanya dilengkapi WiFi dan yang dilengkapi WiFi sekaligus koneksi 3G GSM. Harganya mulai 499 dollar AS untuk memori 16 GB dan WiFi hingga 829 dollar AS untuk 64 GB serta WiFi dan 3G.

Di dalamnya terdapat iTunes sehingga penggunanya dapat secara langsung mengunduh aplikasi, musik, dan video. Juga didukung aplikasi iWorks yang sudah dimodifikasi sehingga tetap bekerja optimal di perangkat dengan spesifikasi hardware yang jauh dari Mac.

Namun, inovasi baru yang disediakan dalam iPad adalah adanya aplikasi iBook untuk membaca e-book dan mengunduh e-book langsung dari internet. Apple juga mengumumkan iBook Store, layanan baru serupa iTunes yang khusus untuk jual beli e-book.

Untuk sementara, iPad baru tersedia di AS, tetapi akan mulai didistribusikan ke seluruh dunia dalam 2-3 bulan ke depan. iPad dijual tanpa kerja sama eksklusif dengan operator, termasuk versi 3G dengan kartu SIM yang unlocked. Khusus pasar AS, AT&T menawarkan paket data dengan harga istimewa khusus iPad.

Kapan produk ini masuk Indonesia? Sabar saja ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com