Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steve Wozniak Tak Yakin iPad Lebih Baik dari iPhone

Kompas.com - 28/01/2010, 23:18 WIB

CHICO, KOMPAS.com — Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, memuji terobosan pada iPad sebagai barang baru di kehidupannya. Namun, ia menilai, perangkat tablet tersebut tidak lebih baik daripada iPhone.

Menurut dia, iPad tidak akan berfungsi sebagai perangkat kerja yang digunakan seharian seperti sebuah iPhone. "Saya tidak yakin ia lebih baik dari iPhone khusus untuk urusan tersebut," ujarnya saat berkunjung ke California State University of Chico, Rabu (27/1/2010).

Sebaliknya, Steve Wozniak yang akrab dipanggil Woz itu menilai bahwa fungsi utama iPad adalah sebagai portal media, foto, video, dan musik. iPad juga terutama berfungsi sebagai pembaca e-book yang diyakini akan merevolusi pola distribusi konten media seperti buku dan surat kabar.

"Bakal ada perubahan besar. Ia bukan sekadar sebuah hardware baru, melainkan juga sesuatu hal baru yang mengimplementasikan sebuah bursa secara keseluruhan dari penjualan hingga distribusi," tandasnya.

Secara fisik, iPad sendiri, menurut Woz, tak beda dengan pembaca e-book Kindle buatan Amazon. Ia meyakini, iPad akan menyediakan cara langganan majalah dan koran yang menarik di masa mendatang.

iPad adalah perangkat baru yang dipamerkan pertama kali oleh CEO Apple Steve Jobs, yang juga pendiri Apple lainnya selain Woz, di San Francisco, Rabu. Perangkat tersebut menggunakan layar sentuh 9,7 inci dan dilengkapi pembaca e-book iBook serta bisa terhubung langsung ke toko e-book yang baru diluncurkan Apple iBookstore. Harga iPad bervariasi, 499-829 dollar AS, tergantung dari kapasitas memori dan fitur koneksi. Apple berencana mendistribusikan iPad dalam 2-3 bulan mendatang ke seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com