Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Loker" Yahoo! Dibeli Monster

Kompas.com - 04/02/2010, 16:10 WIB

SUNNYVALE, KOMPAS.com — Yahoo! Inc berniat menjual situs informasi lowongan kerja (loker) miliknya, HotJobs, ke Monster Worldwide Inc. Yahoo!, yang ingin lebih fokus pada bisnis intinya yakni pengembangan situs, menawarkan HotJobs seharga 225 juta dollar AS.

Menurut pernyataan Monster, sebagai bagian dari penjualan, Monster akan menjadi provider dari konten lowongan kerja situs Yahoo! di Amerika Serikat dan Kanada selama tiga tahun. Perusahaan memperkirakan, transaksi pembelian ini akan selesai pada kuartal ketiga.

CEO Yahoo! Inc Carol Bartz memang memangkas bisnis-bisnis yang kurang berkembang di perusahaannya, seperti GeoCities, sebuah halaman web-hosting. Juli lalu, ia juga membuat kesepakatan dengan Microsoft Corp untuk berkolaborasi dalam situs pencarian dan iklan.

Yahoo! membeli HotJobs dengan harga 436 juta dollar AS pada tahun 2002 silam. Bisnis HotJobs termasuk tiga besar dalam situs pengembangan karier di Amerika Serikat. Menurut data ComScore Inc, pengguna turun 22 persen sepanjang 2009. Per akhir Desember 2009, HotJobs memiliki 11,1 juta pengguna.

Sementara Monster menempati posisi kedua situs pengembangan karier di Amerika Serikat dengan 16,5 juta pemakai per Desember 2009. Seperti HotJobs, Monster juga mencatat penurunan hingga 10 persen pada tahun lalu.

Bulan lalu, Yahoo! juga menjual Zimbra, unit kolaborasi e-mail dan online, ke VMWare Inc. Sayang, Yahoo! merahasiakan harga penjualan ini. Tahun 2007 lalu, Yahoo! membeli Zimbra dengan harga 350 juta dollar AS. (Kontan/J Ani Kristanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com