Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei C5100 (Hape Esia Hidayah Syiar), Ibadah Lebih Mudah

Kompas.com - 08/02/2010, 17:04 WIB

Pertama kali melihat sosok Hape Esia Hidayah Syiar yang dibawa seorang teman kantor yang sengaja membelinya untuk dijadikan tulisan yang terpikir paling hanya hape biasa dengan fitur standar dengan tambahan aplikasi religi.  Tak dinyana, hape batangan berlis hijau dengan warna dominan hitam ini memiliki sejumlah aplikasi anyar untuk disasar kepada pengguna Muslim.

Sambil menggugah rasa penasaran, Sinyal menjajalnya dan terus mengekplorasi bagian luar hape dengan layar berkedalaman 262 ribu warna ini. Pelan tapi pasti, Sinyal mencermati sisi luar sambil memencet-mencet tombol keypadnya yang terlihat rapat tapi cukup empuk. Imbasnya, adakalanya sedikit sulit untuk jemari yang berukuran besar untuk mengetiknya. Begitu sampai ke tombol navigasi, Sinyal menemukan beberapa tombol pintas yang disediakan, ada yang menuju ke musik di bagian sebelah kiri. Dan di bagian tengah untuk langsung ke internet berlogo e.

Menyisir ke bagian tepi, telihat port USB dan slot Micro SD di bagian kiri. Sedangkan pada bagian kanan terdapat single port untuk menancapkan handsfree. Terakhir Sinyal membalikkan hape esia hidayah sehingga posisi punggung menghadap ke atas. Di sana terdapat kamera VGA beresolusi 640x480 yang bisa membantu untuk mendokumentasikan momen penting Anda.

Aplikasi Religi
Langsung masuk ke sajian Islami yang bisa Anda temui pada menu utama yang juga merupakan keunggulan hape Esia Hidayah Syiar C5100. Tinggal pencet tombol pintas di bagian kanan yang juga berlogo e, Anda bisa langsung masuk ke halaman penuh pahala jika memang diaplikasikan sesuai manfaatnya. Aplikasi Qur’an dan Hadits bisa dicoba sebagai pembuka. Sekedar Info, Anda diwajibkan memasukkan MicroSD 2GB pada paket penjualan jika ingin menikmati fitur Islami tersebut.

Tak tanggung-tanggung pada aplikasi Qur’an Anda akan diajak untuk membaca sekaligus mendengarkan alunan huruf-huruf hijaiyah yang dirangkai menjadi sebuah syair nan indah. Lebih enaknya lagi, terjemahannya pun disediakan di bawah tiap-tiap ayat. Jadi, ibaratnya Anda mempunyai Al Qur’an elektronik lengkap dengan tafsirnya. Belum lagi, aplikasi hadit’s Riyadhus Shalihin sebanyak 328 bab yang dibagi menjadi beberapa bab yang sudah terkategorikan pada tiap babnya. Misalnya, pada Bab 1, Anda akan diajarkan bagaimana bersikap ikhlas dan pentingnya sebuah niat.


Sementara untuk aplikasi Murottal, Anda bisa mendengarkan lantunan suara asli Syeikh Asy-Syuraim (Imam Masjid Nabawi-Madinah) dan Syeikh As-Sudais (Imam Masjidil Haram-Mekkah). Ya, sekaligus bisa belajar mahroj dan tajwidnya bro...Mantabkan!!! Oy a, adalagi nih aplikasi suara adzan juga bisa dijajal, Anda bisa menyeting sesuai dengan keinginan. Tinggal masuk saja ke pengaturan lalu sesuaikan dengan tingkat kebutuhan Anda, sebagai pengingat sholat tentunya.

Yang tak kalah seru, nuansa dzikir sekarang bisa Anda bawa lewat Esia Hidayah Syiar ini. Suara MP3 Player bisa didengarkan langsung lewat speaker-nya. Langsung aja pilih asma ALLAH yang mau dilafazkan. Ada Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, dan Lailaha ilallah mau yang mana tinggal lantunkan.

Hiburan dan Internet
Siapa bilang hape religi terbilang katro dan minim hiburan? Di hape Esia Hidayah Syiar, mau foto-foto ada, mau dengerin lagu marawis ada, mau akses ke situs jejaring sosial bisa. Syaratnya, ikutin aja uji coba Sinyal yang langsung bisa Anda simak.

Pertama yakni pemutar audio player. Caranya, Anda dapat memencet tombol shortcut untuk menuju fitur musik seperti yang Sinyal singgung di atas. Langsung deh bisa masuk ke pemutar audio, silahkan mainkan lagu favorit untuk didengarkan. Dari hasil, eksekusi file dengan lagu dari Keris Patih dengan label ’Demi Cinta’, terbilang cukup cempreng, lebih baik Anda buru-buru menancapkan hansdfree untuk mendapatkan kualitas suara yang baik.

Kedua, kamera. Fitur wajib pada handphone yang tak lekang oleh waktu ini terbukti salah satu fitur favorit bagi pengguna peranti bergerak. Maka, tak salah jika keberadaannya haruslah mampu mengakomodir pemiliknya. Tentu saja, dengan hasil yang bisa dipertanggungjawabkan dunks. Ya, paling tidak gambarnya memiliki kerapatan yang baik ketika dilakukan pembesaran via komputer. Sayangnya, hal ini tak dimiliki C5100, dengan kekuatan lensa kamera VGA, otomatis objek yang dibidik menjadi kurang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com