Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan Indosat Sebenarnya Bertambah 4,4 Juta

Kompas.com - 08/03/2010, 22:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelanggan perusahaan jasa telekomunikasi PT Indosat Tbk, mampu menambah 4,4 juta pelanggan seluler selama triwulan keempat sehingga total pelanggan jenis layanan seluler pada posisi akhir tahun 2009 menjadi 33,1 juta pelanggan.

"Tambahan 4,4 juta pelanggan seluler itu mendorong peningkatan pendapatan usaha seluler lebih dari 12 persen dibandingkan triwulan sebelumnya," kata Presiden Direktur dan CEO Indosat, Harry Sasongko, Senin (8/3/2010) di Jakarta.  

Mayoritas saham Indosat saat ini dimiliki Qatar Telecom Q.S.C. (Qtel), sehingga Qtel mengkonsolidasikan hasil pencapaian Indosat secara menyeluruh ke dalam laporan keuangannya.  

"Kami telah memperlihatkan perbaikan dalam parameter operasional maupun keuangan, di mana telah mulai menunjukkan hasilnya sejak triwulan ketiga, dan berlanjut hingga akhir tahun 2009. Perbaikan-perbaikan positif ini adalah bukti nyata atas kekuatan Indosat untuk mampu mengimplementasikan strategi berdasarkan pelanggan yang berkualitas secara berimbang," kata Harry Sasongko dalam siaran persnya.

Ia menambahkan, pihaknya terus menyesuaikan dan fokus terhadap penawarannya dalam rangka menyediakan inovasi produk dan layanan dengan kualitas terbaik dalam industri ini. Langkah itu diyakini akan meningkatkan nilai bagi pelanggan dan para stakeholdernya.

Kendati demikian, kinerja keuangan secara keseluruhan Indosat tahun 2009 menurun. Laba bersihnya pada tahun 2009 tercatat sebesar Rp 1,498 triliun. Angka tersebut melorot atau minus 20 persen dibandingkan laba bersih tahun 2008 senilai Rp 1,878 triliun. 

Pendapatan usaha juga menurun dari Rp 18,65 triliun menjadi Rp 18,39 triliun, sementara beban usaha juga membesar dari Rp 13,92 triliun menjadi Rp 15,18 trliun. Jumlah utang juga membengkak signifikan sebesar 20 persen dari Rp 21,75 triliun tahun 2008 menjadi Rp 25,47 triliun.

Dibandingkan akhir 2008, jumlah pelanggan di akhir 2009 ini sebenarnya turun 9,3 persen daripada akhir 2008, di mana jumlah pelanggan ISAT mencapai 36,5 pelanggan. Hal tersebut merupakan dampak dari program peningkatan kualitas pelanggan yang dilakukan Indosat di awal tahun. Indosat memutuskan untuk menghapus pelanggan yang tidak aktif lagi. Kenaikan jumlah pelanggan tahun 2009 tak sebesar jumlah pelanggan yang dihapus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com