Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandwidth Layanan BlackBerry XL Jadi 250 Mbps

Kompas.com - 30/03/2010, 23:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelanggan XL BlackBerry dipastikan tidak akan mengalami kendala akses jaringan karena kapasitas bandwith layanan sudah menjadi 250 Megabyte per detik (Mbps).

"Kapasitas bandwith sudah dinaikkan sejak awal Maret 2010, dari sebelumnya 180 Mbps," kata GM Direct Sales PT XL Axiata Tbk Warih, Handono Warih, usai peluncuran XL BlackBerry Promo, di Jakarta, Selasa (30/3/2010).

Menurut Warih, tingkat utilisasi akses data pelanggan saat ini sudah mencapai 60 persen dari 250.000 Mbps kapasitas yang tersedia saat ini. "Jika sudah mencapai 80 persen, kita pasti secepatnya meningkatkan kapasitas bandwidth," katanya.

Ia menuturkan, penambahan bandwidth menjadi keharusan sejalan dengan trend pertumbuhan pelanggan XL BlackBerry sekitar 40.000 pelanggan per bulan. "Setiap satu pelanggan XL BlackBerry rata-rata menggunakan bandwidth 100 MB per bulan," ujarnya.

Ia menjelaskan, hingga pertengahan Maret 2010 jumlah pelanggan XL BlacakBerry mencapai 310.000, meningkat dari sekitar 250.000 pelanggan pada akhir 2009. Dari total 310.000 pelanggan XL BlackBerry saat ini, 80 persen pelanggan prabayar yang mayoritas menggunakan skema langganan harian Rp 5.000, selebihnya berlangganan bulanan.

Meski begitu Warih tidak merinci rata-rata penggunaan pulsa per bulan per pelanggan (average revenue per user/ARPU). Ia menambahkan, semakin banyaknya pengguna XL BlackBerry maka ARPU diperkirakan makin menurun. Pertumbuhan pelanggan BlackBerry di tanah air tetap tinggi didorong tiga faktor yaitu penurunan tarif, munculnya produk baru, harga handphone yang makin murah, dan berkembangnya jejaring sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com