Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Akuisisi Metacarta, Layanan Geografi Cerdas

Kompas.com - 12/04/2010, 15:08 WIB

ESPOO, KOMPAS.com - Produsen telepon selular terbesar dunia, Nokia menyatakan akuisisi atau pengambilalihan terhadap perusahaan penyedia layanan cerdas berbasis geografi, Metacarta. Nokia tidak mengungkapkan nilai akuisisi yang dibayarkannya dalam kesepakatan yang diumumkan Jumat (9/4/2010) lalu itu.

Layanan tersebut ditengarai sebagai bagian dari strategi untuk memperkuat layanan peta dan navigasi di ponsel. Pada Januari 2010 lalu, Nokia membuat keputusan yang revolusioner karena menggratiskan layanan peta dan navigasi di ponsel. Nokia juga membuat aplikasi lokal yang mendukung untuk menambah fitur-fitur pamnfaatna layanan gratis tersebut.

Metacarta menyediakan layanan cerdas untuk menemukan titik favorit dan menampilkannya di peta dalam satu tampilan. Teknologi Metacarta menggabungkan geosearch dan geotagging yang memungkinkan pengguna menemukan konten tentang tempat apa pun dengan cepat. Perusahaan yang berbasis di Massachusetts, AS tersebut mempekerjakan lebih dari 30 orang.

Penyediaan layanan peta gratis dari Nokia memperkuat persaingannya dengan Google yang lebih dulu menawarkan navigasi bebas di pasar smartphone berbasis Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com