Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Apple Naik Hampir Dua Kali Lipat

Kompas.com - 21/04/2010, 14:08 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Apple kembali menuai kesuksesan di kuartal terakhir secara mengejutkan. Bagaimana tidak, pendapatannya dari Januari hingga Maret 2010 naik hampir 50 persen dan keuntungannya meroket hampir dua kali lipat yang diperolehnya pada kuartal yang sama tahun lalu.

"Kami dengan bangga melaporkan kuartal terbaik di luar musim liburan yang kami peroleh, dengan pendapatan naik 49 persen dan keuntungan naik 90 persen," ujar CEO Apple Steve Jobs. Pendapatan Apple selama satu kuartal mencapai 13,5 miliar dollar AS dan keuntungan bersih 3,07 miliar dollar AS atau 3,33 dollar AS per lembar saham.

Nilai tersebut di atas perkiraan analis pasar maupun Apple sendiri. Analis Wall Street sebelumnya memprediksi keuntungan Apple hanya 2,45 dollar AS per lembar saham dan pendapatan 12,04 miliar dollar AS. Apple sendiri hanya memprediksi keuntungan antara 2,06-2,18 dollar AS per lembar saham dan pendapatan 11-11,4 miliar dollar AS.

Faktor utama yang mendongkrak pendapatan Apple adalah penjualan iPhone. Selama tiga bulan terakhir, Apple berhasil menjual 8,75 juta iPhone atau naik 131 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penjualan komputer Mac mencapai 2,94 juta unit atau naik 33 persen, sedangkan iPod mencapai 10,89 juta unit atau turun 1 persen.

Steve Jobs optimistis pertumbuhan Apple masih sangat besar. Ia mengatakan peluncuran iPad disambut meriah dengan penjualan mencapai lebih dari 500.000 unit dalam seminggu pertama sejak dipasarkan. Tahun ini, Jobs juga menjanjikan keluarnya produk-produk baru yang bakal mengejutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com