Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamess, E-reader Lokal Pertama

Kompas.com - 14/07/2010, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri e-book dan perangkat pembacanya e-reader tengah menggeliat setelah Apple merilis iPad menyusul Amazon dengan Kindle dan Sony eReader. Vendor lokal di Indonesia pun mulai melirik bisnis tersebut dengan merilis produk buatan lokal.

Salah satunya PT Telesindo Shop yang sebelumnya memulai binsi ponsel QWERTY dengan merek TiPhone. Kini, perusahaan tersebut memperkenalkan pembaca e-book (e-reader) pertamanya yang dijuluki dengan nama "Jamess". Ini merupakan ereader pertama yang akan dikeluarkan oleh PT Telesindo Shop rencananya akan diluncurkan pada bulan Agustus 2010. Gadget ini diperkirakan akan dijual dengan harga Rp 2 jutaan.

Spesifikasi e-reader ini adalah bisa membaca file pdf, word, dan excel. Kemudian keistimewaannya adalah, perangkat ini tidak hanya sekedar e-book reader, tapi bisa digunakan untuk berkomunikasi contohnya sms, dan untuk telepon meski harus menggunakan handsfree. Bisa juga digunakan untuk browsing menggunakan GPRS. Namun sayangnya Ebook ini tidak biasa digunakan untuk membuka jejaring sosial yang kini ramai di masyarakat seperti Facebook dan Twitter.

Selain itu Ebook Ereader ini juga memiliki memori internal dan juga dilengkapi dengan slot micro-SD yang bisa diisi hingga 8GB. E-reader ini tidak menggunakan layar warna sehingga tampilan pada ebook reader ini berwarna hitam dan putih saja.

"Kita membuat ebook reader dengan e-ink, dengan tujuan teduh di mata kalau dibaca di bawah sinar matahari bisa terbaca," ujar David Tirtawijaya, Retail Director PT Telesindo Shop, yang ditemui pada saat pameran di JCC, Jakarta, Rabu (14/7/2010).

Ia mengatakan PT Teleshindo Shop sendiri tidak menargetkan e-reader ini menjadi suatu hal yang dapat bersaing di pasaran. Saat ini, pihaknya hanya ingin ikut meramaikan pasar indonesia agar lebih mudah untuk membaca buku di mana saja. Nah, apakah vendor lokal lainnya bakal menyusul?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com