Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gmail Motion, April Mop ala "Mbah" Google

Kompas.com - 02/04/2011, 17:59 WIB

KOMPAS.com — Mengenakan kaus biru berlogo Google, Paul McDonald memperkenalkan produk baru perusahaannya. Produk ini digadang-gadang mampu mempermudah umat manusia untuk berkirim dan membaca e-mail. Produk baru ini merupakan revolusi besar dalam berkirim surat di dunia maya. Kita akan semakin terbebas dari keyboard dan mouse. Google menamakannya Gmail Motion.

Gmail Motion merupakan layanan surat elektronik yang memungkinkan kita membuka, menulis, membalas, dan mengirim surat elektronik hanya dengan bahasa tubuh (body language). Cukup menggerak-gerakkan tubuh dengan gerakan tertentu, maka e-mail Anda telah dikirim.

Dibantu seorang stafnya, McDonald, Product Manager Google, memaparkan cara ber-e-mail menggunakan bahasa tubuh. Staf berkemeja putih itu lantas menggerakkan tangannya menyerupai orang tengah membuka amplop. Dalam sekejap, e-mail terbuka dan siap untuk dibaca.

Kalau ingin membalas surat, cukup sejajarkan jari jempol kanan dengan telinga lalu arahkan jempol ke belakang. Nah, jika ingin reply all, ulangi gerakan serupa untuk reply, tetapi kali ini dengan menggunakan dua jari jempol. Mudah bukan?

Gerakan yang agak sukar saat surat hendak dikirim. Gerakan yang akan dibaca oleh komputer yaitu tangan diusap di lidah, seperti orang mengelem amplop. Lalu diikuti dengan gerakan setengah duduk yang disertai kedua tangan dijulurkan ke depan, seperti memberi perintah untuk maju.

Tak hanya itu, Gmail Motion juga mampu menerjemahkan gerakan tubuh tertentu untuk menulis pesan. Ini yang agak susah. Google memang hendak memudahkan kita tanpa disibukkan dengan tuts-tuts di papan ketik dan mouse. Aplikasi ini mampu menerjemahkan isi pikiran user menjadi teks dalam e-mail. Sangat mudah bukan?

Usai menyimak presentasi McDonald–yang diperkuat dengan komentar dua pakar–saya yang terkesima dengan produk baru ini langsung menekan tombol "Try Gmail Motion". Saya tak mau hanya mendengarkan kecanggihan Gmail Motion dari orang lain. Saya ingin merasakan sendiri pengalaman yang asyik ini.

Jika Anda ingin mencoba aplikasi teranyar dari Google ini, silakan berkunjung ke http://gmail.com/motion. Jangan lupa sediakan perangkat komputer/laptop/tablet yang terhubung dengan kamera (webcam). Saya yakin, Anda akan mengalami pengalaman unik seperti yang saya rasakan tadi. Selamat mencoba!!!

Oops, Google memang unik dalam memberikan kesegaran bagi pelanggannya di pembuka April ini. Inilah April Mop ala "Mbah" Google.(Kompasiana/Fakhrurradzie Gade)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com