Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Tuding Apple Penyebab Matinya Flash untuk Mobile

Kompas.com - 13/11/2011, 12:47 WIB

KOMPAS.com - Awal minggu ini, Adobe memutuskan untuk tidak lagi mengembangkan Flash di perangkat mobile. Namun, saat itu Adobe belum membeberkan apa yang mendasari keputusan tersebut.

Hari ini, akhirnya Adobe angkat bicara melalui blog milik Mike Chambers, product manager Adobe untuk platform Flash. Di blognya, Chambers menyatakan sebenarnya mereka (Adobe) ingin terus mengembangkan Flash tetapi terhambat karena besarnya fragmentasi pasar ponsel dan adanya fakta bahwa salah satu platform mobile terkemuka (Apple iOS) tidak akan mengizinkan Flash Player di browser perangkat mereka.

Selama ini, Flash untuk mobile memang banyak digunakan pada perangkat berbasis Android. Namun, semua perangkat besutan Apple, iPhone hingga iPad, tidak mendukung Flash dan lebih memilih HTML 5.

Pernyataan Mike Chamber tersebut secara tidak langsung menuding Apple sebagai "tersangka utama" penghentian pengembangan Flash di perangkat mobile.

Padahal faktanya saat ini, semua vendor memutuskan untuk mendukung HTML5, bukannya Flash. Ini menjadikan popularitas Flash untuk penggunaan dalam perangkat mobile menurun drastis.

Saat mengumumkan penghentian pengembangan Flash di mobile, Adobe pun mengumumkan di masa depan mereka akan fokus pada HTML5. Selain itu, Adobe akan membangun ekosistem untuk pengembangan aplikasi native berbasis Adobe AIR di semua platform.

Pengembangan Flash untuk perangkat mobile oleh dihentikan oleh Adobe, tetapi tidak untuk Flash untuk PC. Adobe akan melanjutkan pengembangan Flash untuk PC,  yang ke depannya diharapkan dapat  menyajikan konten dengan kualitas tinggi atau high definition (HD) untuk pengguna komputer desktop atau laptop.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com