Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alibaba Galang Kekuatan untuk Beli Yahoo

Kompas.com - 01/12/2011, 08:10 WIB

KOMPAS.com - Alibaba adalah rekanan Yahoo di China. Sebanyak 40 persen sahamnya masih dimiliki oleh Yahoo. Namun saat ini, perusahaan tersebut dikabarkan sedang bersiap untuk membeli saham Yahoo. Bukan hanya yang di China, tapi juga di seluruh dunia.

Kabar itu disampaikan Bloomberg yang mengutip beberapa sumber yang tidak disebutkan namanya. Alibaba dikatakan menggandeng Blackstone Group, Softbank dan Bain Capital.

Di sisi lain, beberapa kelompok telah mengajukan pembelian sebagian saham Yahoo. Ini termasuk Silver Lake dan TPG Capital.

Apa yang digalang Alibaba tidak sama dengan Silver Lake atau TPG Capital yang hanya mengincar saham minoritas. Alibaba dikatakan sedang bersiap mengakuisisi keseluruhan Yahoo.

Skenarionya, setelah dibeli, Alibaba dkk akan membagi-bagi hasil pembelian itu. Alibaba akan mendapatkan kembali seluruh sahamnya, Softbank akan mengambil alih saham di Yahoo Japan, sedankan Blackstone dan Bain akan mengambil alih Yahoo Amerika Serikat.

Jack Ma, CEO Alibaba, sejak Oktober 2011 telah menyampaikan keinginannya membeli Yahoo. Ia juga telah lama ingin membeli balik saham Yahoo di Alibaba.

Jika kabar ini benar, pertanyaan berikutnya adalah: berapa besar harga yang diajukan? Dan, yang lebih penting, apakah Yahoo mau diakuisisi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com