Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Intrenet Mobile

"Wuzz"! Kencangnya Mobil Pintar LTE

Kompas.com - 06/12/2011, 06:28 WIB

KOMPAS.com — Di samping peresmian laboratorium penelitan dan pengembangan milik Telkomsel di kompleks Telkom Risti Gegerkalong, Kota Bandung, Jawa Barat, kemarin, terdapat juga mobil pintar LTE atau Long Term Evolution milik ZTE. Di dalam mobil itu, kita bisa merasakan performa berselancar internet mobile menggunakan generasi terkini dari teknologi koneksi nirkabel.

Mobil berwarna putih itu memang sengaja didatangkan untuk menunjukkan kepada tamu mengenai layanan LTE bagi orang yang sedang bergerak. Orang yang menjajal pertama kali adalah Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, serta Kepala Badan Pengembangan dan Penerapan Teknologi Marzan Azis Iskandar.

Dari kesan pertama sewaktu mencoba,  terasa kencang sekali. Koneksinya bisa mencapai 5,5 megabit per detik. Sewaktu dicoba di ponsel Samsung Galaxy S II, membuka video Youtube melalui web browser terasa enteng. Salah satu video yang diujicobakan langsung dimainkan tanpa jeda menanti buffering. Sama halnya sewaktu mencoba konten yang disediakan Telkom di salah satu laptopnya.

Kunci dari mobil pintar itu ternyata bukanlah pemasangan antena khusus. Mobil itu ternyata hanya mobil biasa, tetapi di dalamnya terdapat laptop yang dicoloki USB Dongle yang bisa menerima sinyal LTE kemudian dibagi ke perangkat di sekitarnya melalui Wi-Fi. Mobil pun hanya bisa berputar mengelilingi kompleks Telkom mengingat hanya ada satu menara LTE yang dipasang di sana.

"Bila ada beberapa menara LTE yang dipasang sekaligus, pengguna bisa menikmati kecepatan koneksi yang jauh lebih baik," kata Director Technical and Commercial Department PT ZTE Indonesia Tang Jinyong.

Dia mengungkapkan, uji coba LTE secara mobile hari itu adalah pertama kalinya digelar di Indonesia sebagai persiapan negara ini untuk mengadopsi teknologi terbaru. Hanya, kendala utama dari aplikasi LTE di Indonesia adalah perundangan dari pemerintah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com