Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Star Wars Garapan Fans Sukses di YouTube

Kompas.com - 27/01/2012, 10:58 WIB

KOMPAS.com - Sebuah film "hasil editan sutradara" yang dibuat oleh para pencinta kisah Star Wars telah ditonton lebih dari satu juta kali di YouTube.

Film yang diunggah pada 18 Januari itu dirangkai dari ratusan adegan berdurasi 15 detik yang dibuat oleh para pengguna internet.

Proyek yang dinamakan 'Star Wars Uncut' ini banyak disebut sebagai kekuatan crowdsourcing yang merujuk pada metode pengumpulan materi dari khalayak.

Ramon Youseph, dari blog Crowdsourcing Gazette mengatakan pada BBC, film itu menunjukkan "kekuatan web untuk mengajak orang terlibat dalam upaya kerja sama global."

Situs web starwarsuncut.com memulai kampanye untuk mengajak para pencinta Star Wars membuat cuplikan-cuplikan film karya mereka sendiri pada 2009. Proyek ini dinobatkan sebagai media interaktif terbaik versi penghargaan Emmy pada 2010.

Adegan-adegan yang dikirim ke starwarsuncut.com dipilih khusus untuk kompilasi ini.

Meski pun klip-klip yang digunakan sudah tersedia di online, ini adalah pertama kalinya klip-klip itu disatukan dalam satu film utuh.

Dalam tulisan di online, penggagas proyek ini Casey Pugh mengatakan, "Akhirnya, proyek beramai-ramai ini dijahit dan dipublikasikan secara online untuk kesenangan anda.

"Editan sutradara adalah film berdurasi sekitar 60 menit yang berisi adegan-adegan pilihan dari seluruh koleksi starwarsuncut.com."

Versi baru film tersebut dengan cepat meraih popularitas di Youtube. "Satu juta penonton dalam 72 jam! Terimakasih untuk semuanya atas respon yang luar biasa," @starwarsuncut menulis di akun Twitter mereka.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com