Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Pertama "Cicip" Android 5.0, LG Tagih Google

Kompas.com - 29/02/2012, 07:35 WIB

KOMPAS.com - LG Electronics dikabarkan sedang dalam tahap diskusi dengan pihak Google untuk bisa memproduksi ponsel seri Nexus selanjutnya. Sebelumnya, Google telah mengeluarkan ponsel Android seri Nexus bekerjasama dengan HTC dan Samsung.

Tiga ponsel seri Nexus tersebut adalah HTC Nexus One, Samsung Nexus S, dan Samsung Galaxy Nexus. Ponsel seri Nexus merupakan ponsel dengan jeroan dari Google dan mendapat kehormatan menjadi yang pertama menggunakan Android versi terbaru.

Nantinya, Nexus seri selanjutnya ini bakal dibenamkan Android 5.0 (Jelly Bean). Karena belum pernah mendapat jatah, LG menagih Google agar mereka bisa menjadi vendor Nexus selanjutnya.

Selama beberapa tahun terakhir, mendapatkan ponsel seri Nexus dan bisa bekerja sama dengan Google dalam perangkat mobile memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi vendor.

Pasalnya, vendor akan mendapatkan akses yang terbaru dan terbaik dari Google, bahkan hingga keuntungan dari hasil penjualan ponsel seri Nexus.

"Kami sedang dalam diskusi dengan Google," kata Head of Smartphone Division LG Ramchan Woo.

Kerjasama dengan Google tersebut, kata Woo, akan memberikan citra bagi LG bahwa pihaknya merupakan salah satu pemain utama di perangkat Android.

Bila negosiasinya berhasil, LG akan merancang antarmuka (user interface) yang berbeda dengan yang dibuat Samsung dan HTC.

Bila Google Nexus di vendor lain menggunakan latar belakang hitam, maka Nexus di LG ini bakal memiliki latar belakang putih.

Selain itu, ada tombol navigasi yang terpisah di bawah layar, yang menunjukkan perbedaan di Nexus sebelumnya.

Bagi Google sendiri,bermitra dengan LG pada perangkat Nexus akan menghilangkan keresahanvendor Android lainnya, bahwa Google tidak akan menganakemaskan Motorola Mobility yang telah diakuisisi sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com