Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ABG Lebih Suka SMS dan Feature Phone

Kompas.com - 21/03/2012, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Perangkat bergerak, seperti ponsel dianggap mampu mengasingkan seseorang dari dunia di sekelilingnya. Namun bagi remaja di Amerika Serikat, ponsel (terutama layanan pesan singkat-SMS) adalah kunci untuk bisa terus terkoneksi dengan teman dan orang lain dalam hidup mereka.

Hal ini merupakan hasil penelitian dari The Pew Internet and American Life Project. Pew menemukan bahwa 63 persen dari remaja yang diteliti, mengirimkan SMS setiap hari dengan orang-orang dalam hidup mereka, termasuk dengan orang tua.

Uniknya, remaja putri di AS lebih banyak mengirimkan SMS, dengan rata-rata 100  SMS per hari. Berdasarkan penelitian, jumlah ini naik dari tahun 2009. Remaja di AS hampir tidak pernah mengirimkan email dan messenger di ponsel.

"Remaja tidak memiliki kemampuan atau minat saling mengirim email atau instant messaging melalui ponsel. Dua dari lima remaja mengatakan mereka tidak mengerti cara mengirim instant messaging dan 39 persen lainnya mengatakan mereka tidak pernah saling berkirim email melalui ponsel," demikian catatan Pew.

Hanya 28 persen remaja yang mengaku tidak pernah mengirimkan SMS kepada teman-temannya, dan 23 persen mengaku tidak memiliki ponsel.

Pew menemukan bahwa remaja di AS lebih memilih menggunakan ponsel sederhana (feature phone) karena prioritas mereka adalah mengirimkan SMS. Remaja AS lebih suka mengakses internet menggunakan laptop.

Hasil di atas tentu akan berbeda bila survei dilakukan di Indonesia yang sangat gandrung smartphone dan pemakaian instant messaging, seperti Yahoo Messenger, MSN Messenger, Facebook Chat, dan tentu saja BlackBerry Messenger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com