Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Plus Mirip "Kota Hantu"

Kompas.com - 17/05/2012, 07:57 WIB

KOMPAS.com - Google boleh saja mengklaim bahwa situs jejaring sosial miliknya, Google+, memiliki 100 juta pengguna hingga awal April 2012. Namun sebuah riset mengatakan sebaliknya, Google+ sepi seperti "kota hantu".

Banyak "penghuni" namun minim aktivitas, itulah kira-kira gambaran untuk Google+.

Berdasarkan survei yang dilakukan lembaga riset nirlaba RJ Metrik terhadap 40 ribu pengguna Google+ berdasarkan sampel acak, tercatat bahwa keterlibatan antarpengguna Google+ cukup rendah.

Menurut survey RJ Metrik, setiap posting rata-rata hanya mendapat satu "+1" (semacam interaksi "Like" di Facebook) dan satu balasan pula.

Selain itu, terdapat sekitar 30% pengguna Google+ yang baru satu kali membuat posting publik di jejaring sosial itu dan tidak pernah lagi membuat posting yang kedua.

Pengguna aktif jika dirata-rata melakukan posting setiap 12 hari, bahkan 15% pengguna Google+ yang telah membuat 5 tulisan publik tidak pernah lagi melakukan posting.

Jumlah posting publik rata-rata dari setiap pengguna aktif pun terus menurun setiap bulannya.

Penelitian yang dilakukan RJ Metrik ini hanya terfokus pada aktivitas posting. Hal ini membuat Google angkat bicara.

"Dengan hanya melakukan pelacakan pada posting publik, penelitian ini cacat dan tidak akurat merepresentasikan berbagai aktivitas dan sharing yang terjadi di Google+," demikian pernyataan Google kepada situs teknologi Fast Company.

Menurut Google, aktivitas Google+ lebih privasi karena pengguna berbagi dengan orang yang ada di "Circle", tidak perlu secara terbuka berbagi pemikiran, foto atau video kepada dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com