Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alibaba Ambil Alih Sahamnya dari Yahoo

Kompas.com - 21/05/2012, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce terbesar China, Alibaba Group Holding Ltd, akhirnya sepakat membeli kembali (buyback) 20% sahamnya dari tangan Yahoo!. Nilai transaksi itu mencapai sekitar 7,1 miliar dollar AS.

Pembelian itu menggunakan sebagian dana tunai. Yahoo! akan memperoleh dana tunai sedikitnya 6,3 miliar dollar AS dan sisanya sebesar 800 juta dollar AS dalam bentuk saham preferensi.

Dalam rilisnya, Senin (21/5), Alibaba juga berharap bisa membeli 25% saham Yahoo!. Nilai transaksi itu bila dihitung dari harga dasar saham Yahoo! mencapai sebesar 35 miliar dollar AS.

Alibaba adalah rekanan Yahoo di China. Sebelumnya, sebanyak 40 persen sahamnya dimiliki oleh Yahoo.

Alibaba telah berusaha membeli kembali saham tersebut lebih dari setahun yang lalu. Sejak September 2011 lalu, perusahaan e-commerce terbesar di China ini telah menggenjot usaha untuk membeli saham tersebut seiring dengan kinerjanya yang membaik.

Para analis menyambut positif transaksi ini. Mereka menilai, dana segar ini akan membantu Yahoo! bersaing kembali dengan Google Inc. dan Facebook Inc.

"Dana ini akan membantu Yahoo! untuk menghadapi tantangan dalam bisnisnya," kata Jim Tang, analis teknologi Shenyin Wanguo Securities di Shanghai, Senin (21/5). (KONTAN/Edy Chan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com