Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Gabungkan Hangout, Messenger, dan Talk

Kompas.com - 29/06/2012, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Google memiliki aplikasi chatting yang beragam, mulai dari Google+ Hangouts, Google Messenger, dan Google Talk. Rencananya, raksasa mesin pencari ini akan menyatukan ketiga aplikasi tersebut.

Berdasarkan pertemuan tim Google di ajang Google I/O di California, Rabu (27/6/2012) kemarin, Google berusaha mengefektifkan layanan aplikasi yang telah dirilisnya.

Google+ Hangouts merupakan fasilitas video chat di situs jejaring Google+ yang berfungsi sama seperti video chat di Yahoo Messenger atau Skype.

Sedangkan Google Talk (GTalk) adalah aplikasi chatting yang disediakan di Google Mail (Gmail) ataupun menjadi aplikasi chatting tersendiri di ponsel, seperti Yahoo Messenger ataupun WhatsApp.

Sementara, Google Messenger adalah fitur chatting di perangkat Android. Fitur ini untuk menandingi iMessages di perangkat iOS ataupun BlackBerry Messenger di perangkat BlackBerry. Berbeda dengan GTalk, Google Messenger akan dilengkapi fitur location sharing, groups dan fitur lain yang didesain untuk perangkat mobile.

"Kami akan terus memberikan layanan terbaik bagi pengguna. Tapi kami tidak akan mengumumkan apapun hari ini. Kami hanya ingin menyatukan ketiga aplikasi tersebut," kata Product Manager Google Nikhyl Singhal.

Di ajang itu, Singhal dan koleganya Chee Chew sebagai perancang Google+ Hangouts juga berbagi tentang bagaimana Google menggunakan aplikasi Hangouts secara internal.

Biasanya, pada saat rapat-rapat Google, aplikasi Hangouts sering digunakan untuk video conference secara virtual. Kemudian Singhal menjadikan Hangouts sebagai penyedia jasa video conference secara komplit.

"Kami menggelar lebih dari 10.000 hangouts (rapat) setiap hari di Google," katanya.

Lantas, fitur apa yang akan diberikan ke Hangouts? Chew dan Singhal tidak bercerita spesifik tentang hal tersebut. Namun saat ini mereka sedang berjuang untuk bisa membawa Hangouts tersedia di perangkat mobile.

Tidak hanya itu, fitur Hangouts nantinya juga akan dimungkinkan bagi pengguna ponsel untuk hangouts di udara (pesawat terbang atau saat di angkasa) serta bisa memberikan pengalaman social mobile streaming secara langsung ke Google+ dan YouTube. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com