Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amazon Makin Serius di Bisnis Game

Kompas.com - 13/07/2012, 19:18 WIB

KOMPAS.com - Tak lama lagi para gamer yang menggunakan tablet Kindle Fire di negeri Paman Sam bisa menikmati fitur-fitur baru di judul game favorit mereka.

Mulai hari Rabu (11/7/2012) kemarin developer yang membuat aplikasi game untuk Kindle Fire sudah bisa memakai sebuah Application Programming Interface (API) baru bernama GameCircle.

Mirip dengan Game Center dari Apple,  API GameCircle bikinan Amazon memungkinkan developer memasang fungsi-fungsi baru di aplikasi mereka, termasuk "Achievement" dan "Leaderboard" yang memungkinkan para pemain game saling berkompetisi memperoleh nilai terbesar dalam game tanpa harus keluar dari aplikasi game.

Fitur baru yang paling menarik adalah kemampuan sinkronisasi game dengan jaringan cloud Amazon. Fitur ini memungkinkan pemain untuk men-save game ke jaringan Cloud dan bisa kembali memainkan game dari titik save yang sama dari perangkat lain.

Ini juga berlaku untuk game yang sudah dihapus, atau perangkat Kindle Fire yang mengalami hard-reset, sehingga pemain tak perlu lagi mengulang perjalanan mereka dalam game dari awal.

Besar kemungkinan bahwa API ini tak akan terbatas judul-judul game di tablet saja karena Amazon dikabarkan sedang mengembangkan produk smartphone.

Di pasar tablet, produsen tersebut menghadapi persaingan dari tablet Nexus 7 besutan Google yang memiliki tingkat harga serupa tapi menawarkan spesifikasi teknis lebih superior. Sejauh ini Amazon masih memiliki kelebihan dari segi ekosistem konten dan media.

GameCircle adalah upaya Amazon untuk meningkatkan kualitas ekosistemnya. Sejauh ini masih belum diketahui berapa banyak developer aplikasi yang akan menggunakan API baru itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com