Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Hari, "Mountain Lion" Diunduh 3 Juta Kali

Kompas.com - 31/07/2012, 16:08 WIB

KOMPAS.com — Sistem operasi Mac OS X 10.8 atau "Mountain Lion" memang baru 4 hari diluncurkan, tapi sistem operasi terbaru dari Apple ini sudah di-download sebanyak 3 juta kali.

Hal tersebut diungkapkan dalam peryataan yang dirilis Apple pada Senin (30/7/2012) kemarin.

Dua hari sejak dirilis tanggal 26 Juli lalu, "Mountain Lion" telah dipakai oleh 3,2 persen pengguna Mac. Sejak hari pertama peluncurannya, OS terbaru ini telah menduduki posisi pertama aplikasi Top Paid di Mac App Store.

Angka adopsi yang tinggi itu itu membuat "Mountain Lion" menjadi sistem operasi OS X tersukses yang pernah dirilis, melewati Mac OS versi sebelumnya, OS X 10.7 atau "Lion", yang dirilis pertengahan tahun lalu.

Harga upgrade "Mountain Lion" yang dipatok sebesar 19,99 dollar AS lebih murah dibandingkan harga sistem operasi versi Lion sebesar 29,99 dollar AS. Faktor harga ini ditengarai menjadi penyebab kesuksesan "Mountain Lion".

"Mountain Lion" merupakan revisi kesembilan dari OS X yang dilengkapi dengan lebih dari 200 fitur baru, termasuk Notification Center, metode sharing yang mencakup keseluruhan sistem, Dictation, AirPlay Mirroring, dan Messages App.

Ada pula fitur integrasi dengan iCloud yang memudahkan pengguna dalam membuat Mail, Calendar, Messages, Reminders, dan Contacts. Penyimpanan berbasis cloud dan sinkronisasi sistem memungkinkan dokumen berbasis iWork bisa di-update dan diakses dari semua perangkat Apple.

Apple juga berencana mengintegrasikan Facbook ke dalam "Mountain Lion", tetapi fitur yang satu ini ternyata belum siap diterapkan dan hanya akan tersedia lewat update di kemudian hari.

Menurut penelitian terakhir lembaga riset Chitika, sistem operasi Mac OS X yang paling banyak dipakai oleh pengguna Mac adalah Mac OS X 10.6 ("Snow Leopard") yang memiliki pangsa 45,51 persen, disusul oleh "Lion" dengan 34,97 persen. "Mountain Lion" masih duduk di posisi keempat dengan 3,2 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com